Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Bisa Melihat yang Tak Terlihat, Apa Ciri-Ciri Anak Indigo?

Kompas.com - 13/09/2020, 11:53 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Anak indigo kerap diidentikkan dengan kemampuannya untuk dapat melihat hal-hal gaib. Namun, ada ciri-ciri lainnya yang juga harus dipenuhi oleh seseorang sebelum mendapat label ‘anak spesial’ tersebut.

Penyebutan anak indigo sendiri datang dari warna aura yang terpancar dari diri anak tersebut, yakni warna indigo alias biru keunguan.

Indigo juga merupakan warna dari chakra mata ketiga yang identik dengan kemampuan seseorang melebihi rata-rata, seperti memiliki indra keenam, kemampuannya membaca pikiran orang lain, hingga melihat masa depan.

Dari segi fisik, anak-anak indigo tidak berbeda dari anak pada umumnya. Hanya saja, mereka memiliki ciri-ciri perilaku hingga pola pikir yang sangat berbeda. Sehingga, anak indigo akan terlihat berbedal dibanding teman-teman sebayanya.

Ciri-ciri anak indigo berdasarkan ilmu kejiwaan

Berdasarkan ilmu psikologi dan psikiatri, indigo dapat terdeteksi lewat 3 tahapan, yakni wawancara dengan psikiater atau psikolog, evaluasi psikologi klinik anak, dan foto aura.

Dari ketiga tahapan itu, tenaga medis yang kompeten akan melihat 3 ciri-ciri anak indigo yang paling kentara, yaitu dari segi rasional, spiritual, dan indra keenam.

1. Rasional

Anak-anak indigo dominan menggunakan otak kanan. Artinya, mereka akan fokus pada penglihatan, perasaan, dan pelajaran non-verbal seperti musik, matematika, seni, dan psikologi. 

Ciri-ciri anak indigo ini berkaitan dengan kecerdasan, sehingga anak akan disarankan menjalani tes IQ (intelligence quotient). Untuk dikatakan indigo, IQ anak harus di atas 120.

Meski demikian, tes ini saja tidak cukup karena anak yang sangat cerdas (IQ lebih dari 130) pun tidak serta-merta dikategorikan indigo jika tidak memenuhi 2 tanda lainnya.

2. Spiritual

Anak-anak indigo juga percaya akan adanya Tuhan. Namun, biasanya mereka juga tidak ingin terjebak pada aspek ritualnya saja.

Anak indigo akan mempertanyakan banyak hal, termasuk alasan di balik kewajiban yang harus dilakukannya dan mungkin motivasi untuk meyakini Tuhan atau agama tertentu.

Ciri-ciri anak indigo juga bisa terlihat dari cara bicaranya, yang dikenal sebagai old soul alias jiwa tua yang terperangkap dalam diri anak-anak.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com