Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia 6 Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

Kompas.com - 31/12/2017, 08:30 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan malam tahun baru akan digelar serentak di lima kota administrasi dan satu kabupaten di DKI Jakarta.

1. Di Jakarta Pusat, car free night dibelakukan di sepanjang Sudirman-Thamrin. Sepanjang ruas jalan, akan ada panggung hiburan dan bazaar kuliner 34 provinsi. Panggung hiburan dimeriahkan dengan kesenian seperti tari pelangi, lenong Sapri botak, band Seroja, dangdut, hingga kuis berhadiah.

Penyanyi Rhoma Irama rencananya juga akan beraksi di panggung Monas. Selain itu, akan ada acara nikah massal diselenggarakan di park and ride Jalan MH Thamrin.

2. Di Jakarta Utara, penyelenggaraan tahun baru digelar di dua tempat yakni Ancol dan Danau Sunter. Di Ancol, empat titik lokasi perayaan yakni di Pantai Carnaval, Pasar Seni, Taman Lumba-lumba, dan Pantai Lagoon. Pantai Carnaval akan menghadirkan pagelaran musik.

Semetara Pantai Lagoon akan ada penampilan yang mewakili kebudayaan Bali dan Papua. Di Taman Lumba-lumba ada pentas kebudayaan Kalimantan dan Sumatera. Sementara di Pasar Seni akan ada kebudayaan Betawi dan Jawa. Di puncak perayaan, akan ada pesta kembang api atau musical fireworks. Sementara di Danau Sunter, akan ada acara bakar-bakar ikan.

Baca juga : Ini Ruas Jalan di Jakarta yang Ditutup Saat Malam Tahun Baru Nanti

3. Di Jakarta Barat, penyelenggaraan tahun baru dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat.

4. Di Jakarta Timur, perayaan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Nantinya akan ada ribuan obor yang ditancapkan di peta kepulauan Indonesia. Selain itu, akan ada berbagai acara hiburan dangdut, wayang kulit, dan video mapping.

5. Di Jakarta Selatan, perayaan malam tahun baru 2018 di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa. Ada bazaar, shalat berjamaah maghrib dan isya yang dilanjut dengan tahlilan. Lalu nanti ada hadrah, keroncong, gambang kromong serta hiburan lainnya. Puncaknya, akan ada pesta kembang api diiringi rebana.

Baca juga : Jelang Tahun Baru, Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Ramai Lancar

6. Adapun di Kepulauan Seribu, perayaan dipusatkan di depan Kantor Bupati Kepulauan Seribu atau Plaza Kabupaten di Pulau Pramuka. Selain panggung hiburan, akan ada doa bersama yang digelar dalam rangka menyambut tahun baru 2018. Ada pula refleksi tahunan menuju 2018 agar kehidupan bermasyarakat di Kepulauan Seribu lebih baik.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti perayaan ini tak perlu khawatir jika menggunakan transportasi umum. Sebab transjakarta akan beroperasi 24 jam bagi semua koridor kecuali koridor 13. Sementara KRL commuter line akan ditambah 23 perjalanan tambahan. Kereta beroperasi hingga pukul 02.00.

Kompas TV Menjelang pergantian tahun baru, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Denpasar festival ke-10.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com