JELAJAHI

Sampah Rumah Tangga di Jakarta Diperkirakan Terus Naik hingga 2025

Lihat Foto
Evan Lorne/Shutterstock
Ilustrasi sampah makanan
Penulis: Nursita Sari
|
Editor: Egidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah sampah rumah tangga dan sejenisnya di Jakarta diperkirakan terus naik hingga tahun 2025.

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 108 Tahun 2019 tentang Kebijakan dan Strategi DKI Jakarta dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, potensi sampah rumah tangga sepanjang 2019 mencapai 3,02 juta ton hingga akhir tahun nanti.

Timbulan sampah rumah tangga itu berpotensi naik menjadi 3,05 juta ton sampah sepanjang 2020. Sementara pada 2021, timbulan sampah rumah tangga diperkirakan 3,08 juta ton sepanjang tahun.

Baca juga: Sampah Rumah Tangga di Jakarta Diperkirakan Capai 3,2 Juta Ton pada 2025

Sampah rumah tangga dan sejenisnya diperkirakan naik kembali dengan potensi timbulan sampah 3,11 juta ton sepanjang 2022.

Sementara sepanjang 2023, potensi timbulan sampah rumah tangga diperkirakan mencapai 3,14 juta ton. Timbulan sampah itu berpotensi naik menjadi 3,17 juta ton sepanjang 2024.

Kemudian, sampah rumah tangga dan sejenisnya berpotensi mencapai 3,2 juta ton sepanjang 2025.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, sampah rumah tangga dan sejenisnya itu ditargetkan berkurang 30 persen pada 2025.

"Kami punya Jakstrada, kebijakan strategis daerah, dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Ini target pengurangannya sampai 30 persen," ujar Andono di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (14/10/2019).

Andono menyampaikan, salah satu cara untuk mengurangi sampah rumah tangga dan sejenisnya dilakukan dengan pola gerakan untuk mengurangi sampah di sumber.

Caranya, warga memilah sampah yang memiliki nilai ekonomi untuk diolah menjadi barang tertentu atau dijual ke bank sampah.

Sampah yang memiliki nilai ekonomi juga bisa dijual ke bank sampah. Warga akan menerima imbalan berupa saldo tabungan setelah menjual sampahnya di bank sampah.

"Sampah-sampah tertentu itu masih punya nilai ekonomi," kata Andono.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi