CFD Tetap Digelar di 32 Titik di Jakarta, Ini Rinciannya.....

Lihat Foto
KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat pada Minggu (21/6/2020). Kawasan ini sebelumnya ditutup sejak 15 Maret 2020 lalu saat pandemi Covid-19 mulai merebak di Ibu Kota.
|
Editor: Fabian Januarius Kuwado

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tetap menggelar Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di 32 titik di wilayah DKI Jakarta, Minggu (5/7/2020) ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sebanyak 1.582 personel gabungan disiapkan untuk mengawasi kegiatan CFD tersebut.

"Jumlah personel Dishub 750 personel, Satpol PP 700 personel, TNI/Polri 132 personel, sehingga total 1.582 personel," kata Syafrin saat dihubungi, Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: CFD Kota Bekasi Kembali Digelar Besok, PKL Dilarang Berjualan

Menurut Syafrin, Dishub DKI telah berkoordinasi dengan seluruh Wali Kota di wilayah DKI Jakarta guna kelancaran kegiatan CFD.

Khususnya memantau kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan Covid-19.

"Kami telah koordinasikan untuk pelaksanaan 32 kawasan khusus pesepeda pada hari Rabu (1/7/2020) lalu dan ditindaklanjuti dengan persiapan oleh para Wali Kota," ungkap Syafrin.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta untuk pertama kalinya menggelar CFD di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi pada tanggal 21 Juni 2020.

Baca juga: Usai Digunakan untuk CFD, Jalan Layang Antasari Disemprot Disinfektan

HBKB kala itu dipadati warga karena ada yang bersepeda, berlari, atau sekadar berjalan kaki.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat, ada 40.155 warga hadir di kawasan CFD saat itu, terdiri dari 21.342 pejalan kaki dan 18.813 pesepeda.

Kemudian, pelaksanaan CFD di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin ditiadakan lantaran terpantau minimnya kedisiplinan warga terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Kompas.com Play


Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi