AFPI Donasikan Alat Pelindung Diri untuk Bantu Atasi Corona

Lihat Foto
DOKUMENTASI AFPI
Kepala Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI, Tumbur Pardede (kiri), Wakil Ketua Umum AFPI, Sunu Widyatmoko (kedua kiri), Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah (ketiga kiri) bersama perwakilan Rumah Zakat (tengah) serta CEO RupiahCepat, Yolanda Sunaryo (kedua kanan), dan CEO DanaRupiah, Entjik S. Djafar (kanan) saat menyerahkan secara simbolis donasi Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis dalam penanganan kasus Covid-19 di Sekretariat AFPI di Jakarta, Selasa (31/3).
Penulis: Elsa Catriana
|
Editor: Bambang P. Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memberkan donasi ratusan paket alat pelindung diri (APD) untuk mengatasi dampak penyebaran virus corona.
 
Penyaluran APD dari AFPI ini bekerja sama dengan Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kepala Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI Tumbur Pardede mengatakan, inisatif yang dilakukan AFPI dan anggotanya yang merupakan para penyelenggara Fintech P2P Lending sebagai wujud dukungan industri, khususnya kepada para tim medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pandemi corona di Indonesia.

Baca juga: Komite Etik AFPI Kantongi Sanksi Pelanggaran 2 Fintech Legal

“Pandemi corona ini perlu kita perangi secara bersama, AFPI dan para anggota penyelenggara Fintech P2P Lending di Indonesia terdorong untuk menyerahkan donasi dan diharapkan bermanfaat bagi para tenaga medis untuk pemulihan kesehatan para pasien Covid-19,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Untuk tahap pertama, lanjut Tumbur, donasi APD dari 50 anggota AFPI yang berpartisipasi berjumlah 185 paket dengan total nilai lebih dari Rp 300 juta dan selanjutnya akan ada tahap kedua dan ketiga.

Tumbur juga mengatakan, dalam pelaksanaannya, donasi APD dari AFPI untuk tahap pertama ini akan disumbangkan melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk distribusikan ke sejumlah rumah sakit demi membantu penanganan Covid-19.

Adapun paket itu di antaranya 100 paket APD untuk Dompet Dhuafa yang terdiri dari Masker N-95, Disposable Wearpack, Goggle, Gloves, dan Sepatu Boots dengan tujuan distribusi ke enam rumah sakit, yakni RSUP Persahabatan, Wisma Atlet Kemayoran, RSUD Kota Bogor, RS Graha Permata Ibu Depok, RS Santo Antonio Baturaja, dan RSUD Duren Sawit.

Lalu ada 55 paket APD untuk Rumah Zakat yang terdiri dari Coverall, Chemical Resistance, Glove, Eye protection, dan Safety Boots Rubber dengan tujuan rumah sakit RS Hasan Sadikin, RS Al Islam Bandung, dan RSUD Cibabat Cimahi.

Selanjutnya, 30 paket APD kepada ACT yang terdiri dari helm Face Shield, Hazmat/Baju APD, Masker N95, Masker Bedah, dan Surgical Cap/Hat dengan tujuan RS Husada Jakarta dan RS Patria IKKT Jakarta.

Sementara itu, Ketua Harian AFPI Kuseryansyah menyampaikan, penyaluran bantuan perlengkapan APD ini diharapkan dapat mengurangi kesulitan para tenaga medis akan ketersediaan dan pengadaan alat-alat kesehatan yang diperlukan rumah sakit.

“AFPI mendukung kebijakan pemerintah dalam menanggulangi dampak virus Covid-19 dengan melakukan social distancing. Fintech lending dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan akses pendanaan tanpa perlu bertatap muka karena kami berbasis teknologi, sehingga diharapkan fintech lending terus membantu perputaran roda perekonomian di tengah krisis,” pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi