Bank Mandiri Jadi Bank Terbaik di Indonesia Versi Global Finance

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi Bank Mandiri.
|
Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk didapuk menjadi bank terbaik di Indonesia versi Global Finance World's Best Bank 2020.

Dalam laporan yang diterbitkan oleh majalah Global Finance tersebut, Bank Mandiri berhasil mengalahkan berbagai bank nasional lain dengan realisasi kinerja 2019 yang mengesankan.

Sepanjang tahun lalu, laba bersih dan aset konsolidasi bank plat merah tersebut berhasil tumbuh 10 persen.

Baca juga: Bank Mandiri Siagakan 121 Cabang di Libur Lebaran Tahun Ini

Selain itu, bank yang saat ini dipimpin oleh Royke Tumilaar tersebut berhasil menekan angka kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) sebesar 40 basis poin ke level 2,4 peren.

Lebih lanjut, Global Finance juga menyoroti keberhasilan Bank Mandiri berhasil menerbitkan surat utang jangka menengah atau global MTN terbesar yang pernah dicapai oleh bank di Indonesia pada tahun lalu, yakni senilai 750 juta dollar AS.

Kinerja positif Bank Mandiri juga didukung dengan fokus percepatan program digitalisasi dan sinergi dengan anak perusahaan di berbagai bidang seperti perbankan syariah, multifinance, asuransi dan ceruk perbankan.

Dengan raihan prestasi tersebut, Bank Mandiri dinilai berhasil menjadi salah satu bank terbaik di Asia Tenggara, bersama dengan bank-bank terbaik lain seperti DBS Singapura, Maybank Malaysia, hingga Bangkok Bank Thailand.

Baca juga: Bank Mandiri Tuntaskan Penerbitan EMTN Senilai Rp 7,5 Triliun

Dalam laporannya, Global Finance menyoroti hasil riset Moody's Financial Institutions Group di Hong Kong, Graeme Knowd yang menyebutkan, di tengah lingkungan eksternal yang penuh tantangan, bank-bank di Asia-Pasifik membukukan kinerja yang stabil.

Ini didukung oleh bantalan modal yang besar, biaya kredit yang rendah, pendanaan sebagian besar oleh deposito daripada pasar modal, dan keinginan untuk bertemu tantangan digitalisasi melalui inovasi.

"Kami percaya bahwa setelah krisis, sebagian besar bank berperingkat tinggi di Asia akan kembali ke profitabilitas dan terus mendapat peringkat tinggi," tulis Global Finance, dikutip dari SeAsia, Sabtu (16/5/2020).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi