Minat Buka Usaha Toko Emas? Simak Panduan dan Tipsnya

Lihat Foto
Freepik
Membuka usaha toko emas bisa menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan
|
Editor: Nur Jamal Shaid

JAKARTA, KOMPAS.com – Emas adalah salah satu jenis logam mulia yang paling populer. Selain menjadi aset investasi yang terbilang aman, emas juga dapat digunakan sebagai perhiasan. Karena itu, tidak heran kalau bisnis toko emas masih menjadi pilihan yang cukup menjanjikan.

Untuk membuka toko emas memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Meski demikian, bisnis toko emas layak dipertimbangkan menjadi sebuah usaha karena pasarnya ada dimana-mana.

Sampai saat ini, perhiasan emas masih memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat terutama kalangan perempuan. Emas dalam bentuk perhiasan kerap digunakan untuk mempercantik penampilan. Lazimnya, tempat jual beli perhiasan emas adalah di toko emas.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membangun bisnis yang tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi, investasi emas atau bisnis toko emas bisa menjadi pilihan. Pasalnya, emas dikenal sebagai investasi yang kebal krisis.

Baca juga: Alasan YLKI Bikin Petisi Online: Bongkar Dugaan Kartel Minyak Goreng

Saat awal-awal pandemi, masyarakat ramai-ramai melepas dolar, jual saham, surat utang, maupun reksadana. Namun emas justru diborong atau dibeli. Sehingga pada saat itu harga emas sempat naik ke level tertinggi.

Selain itu, bisnis toko emas merupakan salah satu jenis bisnis yang dapat mengembalikan modal dengan cepat. Kita bisa membandingkan bisnis toko emas dengan bisnis retail seperti makanan, pakaian dan lain sebagainya.

Bisnis retail umumnya cenderung tidak dapat menjual barang mereka 100 persen. Hampir bisa dipastikan selalu ada barang sisa yang harus disimpan untuk kemudian diobral agar terjual.

Hal tersebut tidak berlaku pada bisnis toko emas. Pasalnya, emas memiliki nilai jual yang tinggi. Meskipun sebuah model perhiasan sudah cukup lama atau ketinggalan zaman, namun perhiasan tersebut masih memiliki nilai yang terus meningkat mengikuti harga emas dunia.

Baca juga: Cara Menghitung Bea Masuk dan Pajak Impor Belanja Online

Bukan itu saja, emas juga cenderung awet dan tidak mudah rusak hingga puluhan tahun jika disimpan dengan benar. Sayangnya, masih sedikit yang mau memulai usaha toko emas, baik melalui sistem franchise atau memulainya sendiri karena berbagai alasan.

Panduan dan tips memulai bisnis toko emas

Dikutip dari laman Pegadaian, berikut ini adalah beberapa tips dan panduan bagi Anda yang berminat membuka bisnis toko emas:

1. Punya pengetahuan tentang perhiasan emas

Saat akan membangun sebuah bisnis, hal dasar pertama yang wajib dimiliki adalah pengetahuan soal produk dan layanan yang akan diberikan. Hal ini tentu berlaku juga dalam bisnis toko emas.

Jika Anda ingin membuka toko emas, maka harus memahami seluk beluk tentang perhiasan emas. Mulai dari kualitas perhiasan emas yang baik dan buruk, cara perhitungan berat emas, dan informasi lainnya mengenai emas.

Baca juga: BI Perkirakan Terjadi Deflasi 0,11 Persen di Minggu Kedua Februari 2022

2. Pahami target bisnis

Klasifikasikan target konsumen dengan baik berdasarkan kelas ekonominya. Apakah target konsumen Anda berada di kelas ekonomi menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Kenali secara detail berapa rentang usia mereka (konsumen), dan apa pekerjaan mereka. Setelah itu, barulah menyesuaikan harga emas dengan kemampuan beli konsumen.

3. Survei lokasi sebelum buka toko emas

Sangat penting untuk melakukan survei lokasi sebelum membuka toko emas. Pilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar. Hal ini karena Anda akan sulit berjualan emas dengan harga yang mahal di daerah pasar tradisional.

4. Kenali kompetitor

Bisnis toko emas merupakan jenis bisnis yang menjanjikan. Sehingga persaingan bisnis toko emas menjadi sangat ketat. Anda bisa menemukan toko emas mulai dari yang kecil hingga besar di mana pun.

Baca juga: Sepekan Aliran Modal Asing Rp 8,65 Triliun Masuk ke Indonesia

Lakukan survei terhadap pesaing yang ada, mulai dari kelebihan mereka dan bagaimana kinerjanya. Setelah itu, Anda dapat memberikan apa yang tidak mereka berikan kepada konsumen, sehingga bisa memenangkan persaingan.

5. Strategi pemasaran toko emas

Sebuah bisnis harus dijalani dengan berbagai strategi agar banyak konsumen yang mengetahui bisnis Anda hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Anda juga dapat memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan aktivitas pemasaran toko emas. Misalnya dengan menggunakan berbagai platform media sosial sebagai media promosi.

6. Modal usaha

Setiap usaha pasti membutuhkan modal untuk memulai atau untuk menjalankan operasional usahanya. Modal usaha ini berkaitan dengan kelancaran usaha hingga penjualan.

Baca juga: 4 Cara Mencari SPBU Pertamina Terdekat lewat HP dengan Mudah

Hitung berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko emas. Susun rencana keuangan dengan benar dan jelas, kemudian bagaimana proyeksi keuntungan yang diperoleh.

Rencana keuangan bisnis yang baik dan terperinci merupakan salah satu kunci utama kesuksesan bisnis. Setelah itu, wajib mencari tahu sumber dana usaha yang akan dibangun, apakah berasal dari dana pribadi atau dana pinjaman.

7. Selalu update produk perhiasan emas

Jika usaha toko emas Anda telah berjalan, ada kalanya untuk memperhatikan stok barang yang dijual agar selalu update dengan model terbaru di pasaran.

Berinovasi dalam membuat produk perhiasan emas tentunya menjadi hal penting. Bentuk dan motif perhiasan emas biasanya selalu berubah mengikuti tren. Karena itu, Anda juga perlu memantau tren yang digemari kebanyakan orang.

Baca juga: Cara Mudah dan Praktis Bayar Tagihan PDAM di Alfamart dan Alfamidi

Meski bisnis toko emas adalah bisnis yang menjanjikan, Anda tetap harus mempunyai persiapan matang dari berbagai aspek. Mulai dari modal usaha hingga kesiapan lainnya dalam berbisnis toko emas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait


Video Pilihan
TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi