Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Jaring 280 Ide Inovasi dalam Kompetisi “Think Efficiency 2022”

Kompas.com - 14/10/2022, 20:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Shell Indonesia bersama Energy Academy Indonesia (ECADIN) menjaring hingga 280 ide inovasi yang digagas masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari siswa sekolah menegah hingga professional, baik yang berada di Indonesia maupun luar negeri dalam kompetisi inovasi “Think Efficiency 2022”.

Kompetisi tersebut merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2018 dan bertujuan untuk mendorong lahirnya inovator dan ide-ide baru khususnya di bidang Tribologi, Energi, serta Keberlanjutan (Sustainability), sebagai kategori baru yang dikompetisikan di tahun ini.

Direktur Pelumas Shell Indonesia Andri Pratiwa menyatakan, peningkatan efisiensi melalui inovasi di berbagai bidang penting untuk segera diterapkan. Kompetisi Think Efficiency ini merupakan wujud dari komitmen Powering Progress yang diluncurkan Shell secara global.

Baca juga: Soal Rencana Mobil Dinas Pakai Kendaraan Listrik, Kemenkeu: Lihat Usia Pensiunnya

“Kami berharap berbagai ide inovasi yang dihasilkan para peserta dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan masa kini juga masa depan di bidang energi dan lingkungan. Ajang ini juga diharapkan dapat menjadi katalis, yang mendorong munculnya para inovator masa depan Indonesia,” kata Andri dalam siaran pers, Jumat (14/10/2022).

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 12 semifinalis terpilih dan mendapatkan berbagai pembekalan terkait perencanaan dan eksekusi strategi pada sesi workshop dan coaching yang dilakukan secara daring. Para semifinalis juga melakukan presentasi dan dewan juri telah menetapkan masing-masing dua finalis dari tiga kategori inovasi untuk melaju ke babak final.

Pada kategori tribologi (teknologi rekayasa mekanika yang berkaitan dengan gesekan dan keausan serta inovasi seputar material pelumas dan pelumasan), Maxwell Team (Ikhwanuddin dan Muhammad Aryuda Pratama) dengan Inovasi Thin Film Grafena Berlapis Nank (GBN) dan Waterloo Team (Muhammad Gading Akbar) dengan inovasi Modifikasi Limbah Minyak Jelantah Menjadi Bio-Grease, menjadi dua finalis terpilih.

Baca juga: Simak Promo Minyak Goreng di Alfamart

Sementara itu, dua finalis yang mewakili kategori energi (inovasi seputar teknologi produksi dan pemanfaatan energi baru atau terbarukan), adalah Schottky Team (Agus Nurbillah) dengan Inovasi Atap Elektrik Berbasis Thermoelektrik Generator Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, dan Savlite Team (Priyo Bayu Ramadhan) dengan inovasi Self-Sustaining Smart Street Lighting System.

Sedangkan di kategori keberlanjutan (inovasi seputar teknologi ramah lingkungan dan/atau solusi berbasis alam terkait permasalahan lingkungan hidup dan persampahan), terpilih dua tim yaitu Telescopic Team (Bagus Ridwan Arifin) dengan Inovasi Pemanfaatan Gas Buang CO2 dari Industri Menjadi Soda Ash (NA2CO3) untuk Mengurangi Jajak Karbon, dan Kuy (a+1) Team (Dewangga Syahputra) dengan Inovasi Lapisan Aus pada Perpetual Pavement sebagai Bahan Aditif Ramah Lingkungan.

Founder dan CTO ECADIN Syarif Riyadi mengungkapkan, ide-ide inovatif yang disampaikan para peserta Think Efficiency tahun ini lebih beragam dan kreatif. Dia bilang, ide yang ditawarkan juga banyak yang dapat diterapkan.

Baca juga: Aset Tommy Soeharto Tak Laku-Laku Dilelang, Bakal Dimanfaatkan Pemerintah?

“Antusiasme masyarakat pun luar biasa. Jumlah ide yang masuk mencapai dua kali lipat dari kompetisi sebelumnya yang digelar pada 2019 lalu. Ini berarti semakin banyak lahir inovator baru yang siap untuk memberikan dampak positif melalui solusi inovasi, dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia yang berkelanjutan,” kata dia.

Keenam finalis kompetisi Think Efficiency 2022 mempresentasikan inovasi mereka di depan para dewan juri di ajang Shell Eco-marathon Asia Pasific yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, pada 14 Oktober 2022.

Setiap finalis akan berkesempatan untuk memenangkan total hadiah senilai Rp 360 juta, dan pemenang utama berkesempatan mendapatkan letter of recommendation untuk mengikuti kompetisi Shell LiveWire yang merupakan program global unggulan Shell yang bertujuan untuk membantu pengembangan wirausaha muda di bidang energi.

Baca juga: Kunang Jewelry Shop: Sulap Sampah Logam Jadi Produk Berdaya Jual

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com