Pemerintah Bagikan Beasiswa untuk 71.139 Anak Yatim

Banda Aceh, Kompas - Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau NAD membagikan beasiswa pendidikan kepada 71.139 anak yatim piatu. Pada 2009 diharapkan beasiswa ini diberikan kepada sekitar 100.000 anak yatim piatu lagi.

Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan secara langsung oleh Gubernur NAD Irwandi Yusuf di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Selasa (23/9).

Kegiatan ini merupakan penampilan pertama Irwandi setelah hampir lebih dari satu bulan mendapatkan perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura karena penyakit yang dideritanya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemprov NAD Mohd Ilyas mengatakan, seharusnya beasiswa ini dibagikan pada tahun anggaran 2007. Namun, pembagian itu tidak jadi dilakukan karena data anak-anak yatim piatu masih belum lengkap dan masih ada calon penerima ganda.

Menurut Ilyas, calon penerima ganda bisa terjadi karena ada beberapa pihak yang mengusulkan satu anak yang sama.

Untuk itu, katanya, pemerintah melakukan verifikasi ulang melalui perangkat desa, kecamatan, dan para tetua di sekitar lokasi tempat tinggal anak calon penerima agar tidak terjadi pendataan ganda.

Dari data Dinas Pendidikan (Disdik) Pemprov NAD, untuk tahun ini jumlah penerimanya 71.139 anak dari total sekitar 80.000 anak yang akan menerima.

Pembuatan

Menurut Ilyas, angka tersebut baru sekitar 89 persen dari total rencana anak calon penerima beasiswa karena sampai saat ini rekening tabungan anak-anak tersebut masih dalam proses pembuatan. Akhir tahun ini ditargetkan semua beasiswa bisa dibagikan.

Untuk tahun 2009 Disdik Pemprov NAD berencana memberikan beasiswa yang sama bagi 100.000 anak yatim piatu di seluruh Aceh.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi