Meadows Beli Saham Matahari

Jakarta, Kompas - Setelah melalui proses perjanjian jual-beli yang cukup panjang, Meadows Asia Company resmi menguasai 98 persen saham PT Matahari Dept Store Tbk senilai Rp 7,73 triliun. Saham Matahari tersebut dibeli dari PT Matahari Putra Prima Tbk dan Pacific Asia Holding Ltd.

Pengalihan 98 persen saham Matahari Dept Store atau LPPF itu dilakukan melalui pasar negosiasi Bursa Efek Indonesia, Kamis (1/4). Bertindak sebagai perantara transaksi adalah PT CIMB Securities dan PT Ciptadana Securities.

CIMB Securities memfasilitasi pemindahtanganan 90,76 persen saham LPPF yang dimiliki oleh PT Matahari Putra Prima atau MPPA kepada Meadows Asia Company (MAC).

Jumlah saham yang dipindahtangankan sebanyak 2,648 miliar saham dengan harga rata-rata Rp 2.705,33 atau total Rp 7,164 triliun. Sementara Ciptadana Securities memfasilitasi pengalihan 7,24 persen saham LPPF yang dimiliki Pacific Asia Holding kepada MAC.

Saham yang dipindahtangankan 211,2 juta saham dengan harga rata-rata Rp 2.705,33 per saham atau total Rp 571,3 miliar. Sekitar November 2009, MPPA melakukan perjanjian dengan MAC untuk menjual 90,76 persen saham LPPF yang dimiliki.

Dalam waktu yang hampir bersamaan, MAC juga menyatakan akan membeli 7,24 persen saham LPPF yang dimiliki Pacific Asia Holding Ltd.

MAC adalah perusahaan patungan yang dibentuk MPPA dan CVC Capital Partners dengan kepemilikan masing-masing 20 persen dan 80 persen. CVC dikenal sebagai perusahaan private equity internasional dengan dana kelolaan 40 miliar dollar AS.

Penawaran tender

Dirut MPPA Benjamin J Mailool mengatakan, setelah seluruh proses transaksi selesai dilakukan, MAC akan menggelar penawaran tender atau tender offer atas 2 persen saham LPPF yang masih dimiliki publik.

Harga penawaran tender saham LPPF Rp 2.705,33 per saham, sama dengan harga pembelian saham LPPF oleh MAC.

Halaman Berikutnya
”Kalau masyarakat ingin menjual sahamnya,…
Halaman

Video Pilihan

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi