Tiba di BNN, Andi Arief Nyatakan Siap Jalani Rehabilitasi

KOMPAS/ARBAIN RAMBEY
Andi Arief muda, aktivis Solidaritas Mahasiswa Indonesia untuk Demokrasi. Foto diambil pada 1998.
|
Editor: Diamanty Meiliana

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menyambangi gedung Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (6/3/2019).

Andi tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Ia didampingi Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik dan pengacaranya, Dedi Yahya.

Saat ditanya kesiapannya direhabilitasi, Andi menyatakan siap.

"Alhamdulilah, siap," ujar Andi.

Baca juga: Polri: Hari Ini Andi Arief Mulai Rehabilitasi di BNN

Setelah itu, Andi tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan wartawan dan masuk ke gedung BNN.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal M.Iqbal menuturkan, hari ini Andi Arief akan mulai direhabilitasi di BNN.

"Ya, rencana hari ini AA akan mulai rehabilitasi di BNN," ujar Iqbal.

Baca juga: Demokrat Belum Siapkan Pengganti Andi Arief

Iqbal menambahkan, Andi akan menjalani rehabilitasi medis. Namun demikian, ia belum bisa menyebutkan berapa lama rehabilitasi yang akan dijalani Andi.

Andi Arief ditangkap oleh aparat kepolisian pada Minggu (3/3/2019) di Hotel Menara Peninsula, Jakarta.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal M. Iqbal mengungkapkan polisi sudah melakukan tes urine terhadap Andi Arief. Hasilnya, Andi diketahui positif mengkonsumsi narkoba jenis sabu.

Baca juga: Pakar Hukum: Bukti Kasus Andi Arief Lemah untuk Dibawa ke Pengadilan

"Kami sudah melakukan tes urine, terhadap Saudara AA dan positif mengandung metamphetamine atau jenis narkoba yang biasa disebut sabu," ujar Iqbal dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (4/3/2019).

Iqbal mengungkapkan polisi juga menyita sejumlah barang bukti, termasuk alat-alat untuk mengkonsumsi narkoba. Namun, barang bukti narkoba yang diduga dikonsumsi Andi Arief tidak ditemukan di lokasi.

Kompas TV
Penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri memutuskan untuk memperbolehkan Wasekjen Partai #Demokrat, #AndiArief, untuk pulang setelah menjalani pemeriksaan. Meski dibebaskan, Andi Arief wajib menjalani rehabilitasi di Badan Narkotika Nasional terhitung sejak 6 Maret 2019. Bebasnya Andi Arief dibenarkan oleh rekan sesama politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Sebelumnya, keluarga Andi Arief bersama pengacara bertemu dengan penyidik Bareskrim Polri untuk mengetahui status hukum Andi Arief. Nantinya, ada dua tim hukum yang akan mendampingi Andi Arief selama menjalani proses hukum yang berlaku.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi