Sandiaga: Ini Ikhtiar, Bukan soal Menang Kalah, Bukan soal Prabowo-Sandi

Lihat Foto
KOMPAS.com/GHINAN SALMAN
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, saat takziah di rumah salah satu petugas KPPS yang meninggal di Jalan Ngagel Jaya Utara, Surabaya, Rabu (15/5/2019).
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menilai gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang dilayangkannya sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Ia mengatakan, gugatan tersebut bukan hanya mempersoalkan pihak yang menang dan kalah, tetapi bertujuan untuk menghadirkan peran negara di bidang hukum secara berkeadilan.

"Bagi kami Prabowo-Sandi, ini ikhtiar bukan soal menang kalah, bukan soal Prabowo dan Sandi. Tapi kami sedang memperjuangkan sendi-sendi dalam bernegara," ujar Sandi di kediamannya, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Baca juga: Sandiaga Apresiasi Pernyataan Pembuka Ketua MK

Oleh karena itu, ia meminta MK memutuskan perkara tersebut dengan seadil-adilnya.

Sementara itu, kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pihak termohon serta pihak terkait lainnya, ia mengimbau untuk bersikap jujur selama menyampaikan kesaksian.

Ia pun mengucapkan terima kasih lepada semua pendukungnya yang telah mematuhi instruksi capresnya, Prabowo Subianto, untuk tak berunjuk rasa selama sidang di MK berlangsung.

"Mari kita jaga martabat politik, martabat hukum, dan kita jaga kejujuran bernegara. Kita jaga asas jujur dan adil dalam pemilu ini karena itu adalah amanat konstusi, amanat para pendiri bangsa dan amanat dari Tuhan Yang Maha Esa," papar Sandi.

"Hanya dengan kejujuran dan keadilan yang ditegakkan maka dengan itu rakyat kita akan hidup dengan tenang," lanjut dia.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal Sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Baca tentang

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi