Fakta Terbaru di Balik Aksi Moge Jokowi

Tribun Cuplikan video yang menampilkan saat Presiden Joko Widodo naik moge menuju ke acara pembukaan Asian Games 2018.


JAKARTA, KOMPAS.com — Ada fakta terbaru di balik video aksi naik motor besar (moge) Presiden Joko Widodo pada upacara pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus silam.

Menurut sang pemeran pengganti alias stuntman, Withithep Komolhiran alias Saddum So, dirinya tidak berada di Jakarta pada hari tersebut.

Meski sempat menjalani syuting di Jakarta, Saddum diketahui sudah berada di Thailand pada 18 Agustus. Itu artinya, bukan Saddum yang berada di atas motor saat sesi "live" di dalam stadion.

Baca juga: Stuntman Jokowi Asal Thailand Akhirnya Buka Suara

Sesi yang dimaksud adalah saat pengendara motor yang diceritakan sebagai Jokowi masuk ke dalam Stadion Gelora Bung Karno dan melambaikan tangan ke penonton.

"(Yang beraksi) di hari pembukaan itu bukan saya," kata Saddum melalui pesan singkat lewat medsos kepada Kompas.com, Selasa (4/9/2018).

Jika bukan Saddum, ada dua kemungkinan di balik sosok yang mengendarai motor dengan helm yang visornya sama sekali tak dibuka itu. Bisa saja stuntman lain, tetapi tidak menutup kemungkinan orang tersebut adalah Jokowi sendiri.

Baca juga: Kenapa Stuntman Jokowi Harus dari Thailand?

Saddum sendiri mengaku tidak tahu-menahu. Sebab, saat itu dirinya sudah tidak lagi terlibat dalam sesi tersebut.

Hingga berita ini diunggah, Kompas.com masih berupaya mengonfirmasi seputar orang tersebut ke pihak penyelenggara acara pembukaan.

Penulis: Alsadad Rudi
Editor: Azwar Ferdian