Tanda AC Mobil Sudah Mulai Bermasalah, Ini Kisaran Biaya Perbaikannya

Lihat Foto
djedzura
Ilustrasi AC mobil
|
Editor: Azwar Ferdian

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan merupakan salah satu fitur wajib yang harus tersedia di mobil guna menambah kenyamanan perjalanan. Namun bagian ini juga tak luput dari kerusakan.

Business Development AC Rotary Bintaro Adi Satria menyatakan, rata-rata AC tidak berfungsi optimal karena ada masalah pada kompresor. Hal ini terjadi baik karena ada permasalahan di dalamnya maupun sudah masuk jangka waktu pergantian atau perawatan.

"Macam-macam, bisa karena tekanan kompresornya berkurang, masalah di freon, dan sebagainya. Secara umum, pergantian oli kompresor itu tiap 40.000 kilometer sekali," katanya saat dihubungi KOMPAS.com, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kelvin Ong, Kepala Bengkel Rotary menambahkan, biasanya yang akan dirasa oleh pengemudi atau penumpang ketika AC mobil sudah tidak berkerja secara optimal adalah punggung terasa hangat atau gerah.

"Ini terjadi khususnya pada siang hari. Tangan memang terasa dingin, tapi punggung masih hangat dan keringetan. Jika speed AC-nya dinaikkan, mulai terasa. Tapi seiring berjalannya waktu, yang terasa hanya angin saja," katanya.

Adapun perbaikan AC mobil, lanjut Kelvin, tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis mobilnya. Tapi rata-rata untuk servis mulai Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.

"Itu termasuk pergantian spare part. Jika pergantian medium, sekitar Rp 1 juta. Ini pengerjaannya bisa tanpa bongkar. Sementara servis besar, mulai dari Rp 1,5 jutaan termasuk flushing system dan pergantian oli kompresor," ujar dia.

Baca juga: 3 Jurus Merawat AC Mobil Supaya Tetap Sejuk

AC Rotary Bintaro merupakan bengkel AC mobil yang didirikan mulai tahun 2000. Bengkel yang menambah cabangnya di wilayah Jakarta Selatan ini sudah cukup dikenal pecinta otomotif roda empat maupun komunitas.

"Pada pembukaan cabang baru ini, kami menawarkan diskon perbaikan sebesar 50 persen untuk jasa dan 10 persen untuk komponennya. Diskon bisa dinikmati mulai 15 Desember 2019 sampai 15 Januari 2020," kata Adi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel Terkait

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi