JELAJAHI

Mengulik Detail Pemain Baru SUV Murah Suzuki XL7

Lihat Foto
Stanly-Kompas.com
Suzuki XL7
Penulis: Stanly Ravel
|
Editor: Agung Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama menjadi bahan perbincangan, akhirnya XL7 resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), di Taman Mini, Jakarta, Sabtu (15/2/2020). Seperti yang telah diberitakan, mobil ini datang dengan membawa DNA sport utility vehicle (SUV).

Menggunakan platform HEARTECT yang sama dengan Suzuki Ignis, Baleno Hatchback, dan Ertiga, SUV murah ini bakal meramaikan pasar LSUV. Segmen ini memang banyak penghuni model lain yang juga berbagi platfrom juga, seperti Toyota Rush dengan Avanza, Daihatsu Terios (Xenia), serta Honda BR-V (Mobilio dan Brio).

Lantas apa saja modal Suzuki untuk berkompetisi di segmen tersebut. Sebelumnya 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, sudah menjelaskan bila pengembangan XL7 dilakukan dengan tiga konsep yang berbeda dengan Ertiga.

Baca juga: Selain XL7, Suzuki Punya SUV Baru untuk Indonesia

"Tampilan eksterior lebih berotot, kenyamanan, serta punya advance feature. Jadi tiga konsep ini yang menjadi poin dalam mengembangkan XL7 dan membuat beda dengan Ertiga, total ada lebih 200 item part yang beda," kata Donny beberapa waktu lalu.

Eksterior

Melihat tampilan XL7, sekilas memang masih ada kesan Ertiga, tapi kalau dijabarkan satu per satu, cukup banyak perbedaannya. Mulai dari desain yang lebih kotak pada tampilan depan, sampai urusan dimensinya.

XL7 memiliki dimensi panjang 4.450 mm atau lebih panjang 55 mm dari Ertiga, lebarnya 1.775 atau 40 mm lebih lebar dari Ertiga yang hanya 1.735, Sementara tingginya mencapai 1.710 mm, atau 20 mm lebih tinggi dari Ertiga.

Tampilan ala SUV ditonjolkan melalui muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp lengkap dengan DRL, serta roof rail pada bagian atap. Sementara bagian belakang juga sudah mengadopsi bumper dengan desain kotak serta spoiler.

Baca juga: Suzuki XL7 Meluncur Sabtu Besok, Ini Skema Kreditnya

Paling signifikan dari sektor kaki-kaki dengan ground clearance 200 mm, atau 20 mm lebih tinggi dibandingkan Ertiga. Sementara pelek menggunakan dimensi 16 inci bernuansa gelap lengkap dengan fender pada empat rodanya.

Khusus untuk varian tertinggi, yakni XL7 Alpha, konsumen bisa memilih pilihan kombinasi dua warna yang disediakan oleh Suzuki, yakni Rising Orange+Black dan Brave Khaki+Black.

Halaman Berikutnya
Interior
Halaman
TAG:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku
Komentar


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi