Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Suku Cadang Yamaha RX-King Tembus Jutaan Rupiah

Kompas.com - 29/02/2020, 16:32 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekarang ini, tren yang berkembang di antara sepeda motor klasik adalah motor standar atau orisinil, termasuk pada Yamaha RX-King. Untuk itu, banyak yang mulai berburu suku cadang orisinil motor 2-tak tersebut.

Imam Rifa'i, yang membuka toko online Thumank_part dan banyak menjual suku cadang RX-King, mengatakan, ada beberapa bagian dari RX-King yang cukup mahal harga suku cadangnya, mulai dari bagian mesin hingga bodinya.

Baca juga: Cara Gampang Jaga Performa Yamaha RX-King Tetap Awet

"Kalau dari bagian mesin, yang lumayan mahal itu rasio gir. Sedangkan untuk bodi, bagian tangki bahan bakarnya. Tapi, ini berlaku untuk RX-King tahun 2006-2009," ujar Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Imam menambahkan, kalau untuk RX-King lansiran 2003 yang edisi spesial 20th Anniversary, mungkin joknya yang berwarna hitam dengan kombinasi coklat. Menurutnya, beda tahun produksi, bisa beda juga harga suku cadang termahalnya.

"Rasio gir itu ada di kisaran Rp 4 jutaan hingga Rp 5 jutaan, itu pun sudah di tangan 'pemain'. Kalau tangki bahan bakar yang baru, sekitar Rp 2,5 jutaan," kata Imam.

Imam melanjutkan, kulit jok edisi spesial harganya bisa mencapai Rp 2,5 jutaan. Untuk satu set jok, harganya bisa sekitar Rp 4,5 jutaan.

Baca juga: Nostalgia Yamaha RX-K, Legenda Sebelum RX-King

Suryadi, anggota King Club Djakarta (KCDj), mengatakan, blok mesin juga cukup mahal harganya. Blok YP2 bisa mencapai Rp 2 jutaan harganya.

"Selain blok mesin, yang sulit dicari dan mahal harganya adalah sticker. Sticker agak susah, kalau memang ada, mahal harganya yang orisinil. Belum lama ini, saya beli sekitar Rp 300.000," ujar pria yang akrab disapa Bacung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com