Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Mencuci Motor Listrik di Rumah Saat WFH

Kompas.com - 28/03/2020, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang sudah ada yang memiliki sepeda motor listrik. Namun, tak sedikit di antaranya yang masih khawatir saat akan melakukan perawatan dasar, salah satunya mencuci kendaraan.

Sebab, motor listrik memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan motor biasa. 

Baca juga: Manfaatkan WFH Sambil Bersihkan Mesin Motor Pakai Perlengkapan Rumahan

Mencuci motor listrik bisa dilakukan sendiri saat kondisi work from home (WFH) seperti sekarang ini. Asalkan, tahu batas aman.

Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama KOMPAS.com/Gilang Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencuci motor biasa. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujar Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Reza menambahkan, bagian jok juga jangan sampai ada yang terbuka. Selain itu, tempat kabel pengecasan juga harus tertutup rapat.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” kata Reza.

Baca juga: WFH Bisa Sambil Bersihkan Rantai Motor Supaya Bebas Kaku

Menurut Reza, konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam juga tidak perlu khawatir. Asalkan, tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Hal senada diucapkan oleh teknisi Viar, Abdul, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu. Menurut dia, ada beberapa bagian yang memang tidak boleh disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," ujar Abdul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com