Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Tenaga Motor Mendadak Ngempos

Kompas.com - 29/03/2020, 17:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor kurang bertenaga alias ngempos membuat tidak bisa berakselerasi dengan sempurna. Sebab saat gas dipuntir motor seolah tidak bisa lari.

Venus Adha, Head of Training Center Wahana, Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta dan Tangerang mengatakan, motor ngempos biasanya disebabkan kebocoran kompresi.

Baca juga: Trik Mudah Hindari Jok Motor Dicakar Kucing

"Untuk motor ngempos, ada beberapa penyebab, pertama yaitu valve yang terlalu rapat," kata Venus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ring PistonFoto: Enginebasics Ring Piston

Klep yang terlalu rapat atau sebaliknya membuat mesin tidak berkerja optimal. Kalau terlalu renggang membuat suara mesin mengelitik kasar dan lambat laun dapat mengakibatkan kebocoran kompresi.

Selain klep, kata Venus, alasan lain motor ngempos ialah piston atau ring pistonnya lemah, kualitas bahan bakar kurang bagus, dan filter udara yang kotor.

Baca juga: Cara Sederhana Ubah Tampilan Pelek Motor Jadi Lebih Kece

Ring piston yang aus membuat bercampurnya udara dan bahan bakar selama kompresi. Ring piston yang aus juga membuat oli di piston masuk ke ruang bakar.

Kerap dianggap sepele tapi pemilihan bahan bakar berpengaruh pada performa kendaraan. Baiknya dalam memilih BBM disesuaikan dengan tingkat kompresi motor. Oktan yang tepat dapat membantu pembakaran mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com