Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Cakram Mobil Berkarat saat WFH

Kompas.com - 31/03/2020, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalani program pemerintah untuk kerja dari rumah atau work from home (WFH) guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19 bisa membuat mobil jadi jarang digunakan.

Pengurangan intensitas penggunaan kendaraan bisa berimbas pada beberapa bagian komponen. Meski tidak fatal, tapi fungsi bagian terkait bisa berkurang.

Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menyatakan, salah satu komponen yang rawan terdampak karena berkurangnya penggunaan kendaraan adalah cakram rem. Pada kasus tertentu, bagian ini bisa karatan.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Saat WFH, Jangan Lupa Isi Bensin Penuh

Sistem pengereman cakram. tinypic.com Sistem pengereman cakram.

"Brake disc itu materialnya besi, dan dia terekspose langsung ke udara. Jadi ketika mobil tidak digunakan ada kemungkinan terjadi karat. Namun ini hanya karat permukaan saja," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Karat tersebut, ujar Anjar, tidak berbahaya dan cepat hilang dengan cara menjalankan mobil. Tetapi kalau mobil didiamkan selama berbulan-bulan karat permukaan bisa merambat sampai ke dalam cakram.

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Mobil Jarang Dipakai Selama Masa WFH

Karat pada piringan cakram mobilKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Karat pada piringan cakram mobil

"Saat itu terjadi, bisa menimbulkan karat. Namun secara fungsi tidak ada apa-apa. Hilangkannya dengan digunakan, nanti karat permukaan di disc brake hilang atau terkikis," kata Anjar.

Hal serupa juga dinyatakan Service Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Anjar Kisworo. Menurutnya, meskipun ada imbauan WFH sebaiknya mobil dipanaskan paling tidak seminggu sekali.

"Kemudian, jalankan mobil beberapa saat sambil dipanaskan. Terkait dampak karat sendiri, bisa menyebabkan berkurangnya performa rem dan bisa menimbulkan bunyi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com