Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Honda Stop Sementara Produksi Mobil di RI

Kompas.com - 02/04/2020, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia memutuskan untuk menghentikan aktivitas produksi sementara selama dua pekan mulai 13 April 2020.

Kebijakan tersebut diambil usai perseroan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan kondisi dan perkembangan terkini, akibat wabah virus corona alias Covid-19 di Tanah Air.

"Berdasarkan kondisi dan perkembangan saat ini, kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara kegiatan produksi selama dua pekan, mulai 13 April 2020," kata Business Innovation and Marketing and Sales Director HPM Yusak Billy saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Honda Sudah Berlakukan WFH dan Home Service

Proses produski pabrik Honda di Sayama Proses produski pabrik Honda di Sayama

Adapun kondisi yang dimaksud ialah pergerakkan pasar yang terus turun setiap harinya dan tersendatnya rantai pasokan komponen kendaraan. Meski demikian, Yusak menyebut bahwa stok unit yang tersedia sudah siap memenuhi kebutuhan.

"Kami mengambil keputusan ini berdasarkan pada kondisi pasar terkini, di mana market yang turun dan juga concern di global supply chain," kata dia.

"Tapi, sewaktu produksi kami berhenti selama dua pekan nanti, stok kami sudah siap untuk pasar domestik dan ekspor. Kita akan pantau terus kondisinya karena terus bergulir dengan cepat," lanjut Yusak.

Pada periode 'libur' tersebut, karyawan tertentu yang berhubungan langsung dengan proses produksi bakal dirumahkan. Meski tidak bisa dikatakan secara detil jumlahnya, tapi Honda memastikan mereka tetap mendapat upah atau gaji penuh.

"Kami secara tegas meminta karyawan yang sudah dirumahkan sementara, untuk mengikuti peraturan dan arahan dari pemerintah pusat dan daerah untuk menghindari risiko terinfeksi. Selama dirumahkan, mereka tetap mendapat full payment sesuai aturan berlaku," ujarnya.

Baca juga: Imbas Corona, Daihatsu Pangkas Produksi Hanya 1 Shift

Uji Irit Honda Brio Satyadok.HPM Uji Irit Honda Brio Satya

Dampak dari virus corona juga dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang baru saja melakukan penyesuaian produksi dengan mengurangi jumlah shift pekerjaan.

Dikatakan Corporate Planning & Communications Director ADM Amelia Tjandra, jumlah shift yang tadinya ada dua dipangkas menjadi satu. Sehingga, waktu produksi pabrik jadi lebih singkat dari biasanya.

"Bicara soal penurunan sudah pasti, karena kami biasanya di pabrik itu 2 shift bahkan lembur, sekarang jadi satu shift, belum lagi jam kerja juga berkurang hanya samapi 15.00 WIB dari biasanya 16.30 WIB," ucap Amel kepada Kompas.com.

"Untuk stok sendiri masih berlebih, kebutuhan domestik dan ekspor masih cukup. Karyawan merupakan aset Daihatsu yang harus dilindungi, kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk pekerja di masa pandemi Covid-19," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com