Komunitas Motor Masih Gencar Donasi di Tengah Pandemi

Lihat Foto
Istimewa
Komunitas motor Honda MegaPro Club (HMPC) Jakarta berdonasi di tengah pandemi
|
Editor: Agung Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di zona merah penyebaran pandemi Covid-19 atau virus corona, membuat warga Jakarta banyak yang terdampak perekonomiannya. Untuk sedikit meringankan beban, komunitas motor masih gencar membagikan donasi.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas motor Honda MegaPro Club (HMPC) Jakarta belum lama ini. Bersama dengan seluruh anggotanya, HMPC Jakarta mengumpulkan donasi untuk diberikan pada anggotanya dan juga masyarakat sekitar.

Baca juga: Cara Komunitas Yamaha Nmax Berinteraksi di Tengah Pandemi

Sebab, beberapa anggota HMPC Jakarta juga ada yang terkena pemutusan hubungan kerja, berpenghasilan harian, serta ada juga yang keluarga terdekatnya meninggal.

"Sebelum kami memberikan bantuan kepada orang lain, tentunya kami harus melihat lebih dulu keluarga besar HMPC Jakarta yang terdampak pandemi Covid-19 ini. Alhamdulillah, kepedulian antar member masih kami rasakan hingga saat ini," ujar Rusli Ifan, Ketua HMPC Jakarta.

Rusli menambahkan, pengiriman bantuan atau donasi sengaja dilakukan oleh anggota HMPC Jakarta yang memang berprofesi sebagai ojek online.

"Hingga saat ini, HMPC Jakarta telah menggelontorkan tiga etape pendistribusian bantuan. Etape pertama dan kedua ditujukan untuk anggota, berupa sembako dengan tujuan bisa memberikan bantuan tambahan selain dari pemerintah daerah," kata Rusli.

Baca juga: Usaha Komunitas Honda Tetap Kreatif Selama Pandemi

Pada etape ketiga, HMPC Jakarta masih tetap melakukan kegiatan yang rutin di akhir Ramadhan dengan memberikan bantuan untuk 30 anak yatim piatu dan perwakilan warga di sekitar tempat kopi darat (kopdar).

Situasi sedikit berbeda, seperti sekarang HMPC Jakarta menambahkan kuota bingkisan lebaran yang diberikan untuk anggota dan keluarga anggota yang meninggal, yang tentunya masih harus berjuang menjalani keseharian.

"Di etape tiga ini kami bekerjasama dengan Relawan Jariah dan beberapa bantuan dari anggota HMPC chapter lainnya. Baksos Ramadhan masih tetap kami jalankan rutin setiap tahun dengan menaati aturan pemerintah dengan menggunakan masker dan jaga jarak," kata Rusli.

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi