Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak yang Jarang Merawat Lap Microfiber Meski Sering Dipakai

Kompas.com - 28/05/2020, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali kita melakukan perawatan pada mobil dengan menggunakan lap microfiber. Namun, tak banyak ternyata pemilik mobil yang memperhatikan kondisi lap microfiber itu sendiri.

Lap microfiber merupakan salah satu jenis kain pilihan yang disebut paling efektif untuk membersihkan atau mengeringkan bodi kendaraan. Penggunaannya pun dipercaya tidak meninggalkan lecet halus seperti jenis kain lainnya.

Baca juga: Pilih Lap Microfiber untuk Bersihkan Bodi Mobil

Sifat serat sintesis pada lap microfiber bisa juga dimanfaatkan untuk mengaplikasikan wax pada kendaraan. Namun, perlengkapan ini ternyata memiliki masa pakai juga.

Ilustrasi Lap MicrofiberKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Lap Microfiber

Andy Hartono, Sales & Marketing Director Global Auto Internasional, mengatakan, lap microfiber jika tidak dirawat maka penggunaannya tidak akan optimal.

"Terutama harus sering dicuci baik sebelum maupun sesudah memakainya. Termasuk kalau baru beli, ada baiknya dilakukan pencucian dahulu," kata Andy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Andy menambahkan, tidak sulit untuk mencuci lap microfiber. Cukup basuh dengan air bersih saja. Tidak perlu menggunakan mesin cuci atau mencampurkan bahan kimia lainnya.

Baca juga: Lap Microfiber untuk Cuci Mobil Harus Dipisah

"Bisa juga direndam pakai air hangat. Lalu simpan kain, jangan sampai menjadi kering," ujar Andy.

Menurut Andy, lap microfiber yang jarang dirawat nksa saja menjadi kering. Saat digunakan untuk mengelap kendaraan, bisa saja malah menimbulkan goresan halus.

Sebaiknya, pemilik kendaraan memiliki lebih dari satu lap microfiber. Jadi, tetap bisa mengelap bagian mobil di saat lap yang satunya lagi sedang dicuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com