Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Tutup Layanan Top Up Tunai Saat New Normal

Kompas.com - 28/05/2020, 13:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comJasa Marga bakal menyesuaikan pelayanan saat menghadapi skema new normal yang bakal dijalankan pemerintah. Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, serta memperkuat model bisnis digital.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, pihaknya telah menutup sementara layanan top up di seluruh gerbang tol Jabodetabek sejak Kamis (19/3) lalu.

“Channel isi ulang di jalan tol sudah tak ada dan rencananya kami bakal tetap meniadakan proses isi ulang tunai di jalan tol. Jadi di sisi kanan (gerbang tol) sudah tak ada lagi mesin top up” ucap Dwimawan, dalam konferensi video (27/5/2020).

Baca juga: Mengendarai Motor Kecepatan Tinggi Ada Lubang, Hajar atau Menghindar?

Mulai Sabtu (21/3/2020) besok, PT Hutama Karya (Persero) menutup sementara fasilitas isi ulang atau top up tunai di seluruh gardu Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).Hutama Karya Mulai Sabtu (21/3/2020) besok, PT Hutama Karya (Persero) menutup sementara fasilitas isi ulang atau top up tunai di seluruh gardu Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Menurutnya, cara ini dilakukan untuk mencegah berkumpulnya orang, sekaligus bentuk protokol baru keamanan transaksi di tengah pandemi virus corona.

Jasa Marga bahkan telah berencana untuk mempersingkat waktu kunjungan pengguna jalan tol saat menyambangi rest area hanya 30 menit.

Dwimawan mengatakan, sejumlah kursi di fasilitas pujasera bakal dikurangi, dan pengguna jalan tol hanya diperkenankan membeli makanan untuk dibungkus.

Baca juga: Bukan buat Satu Mobil, SIKM Hanya Berlaku Per Orang

Area peristirahatan dan singgah di beberapa ruas titik jalan tol yang memberlakukan pengunjung hanya singgah 30 menit, Jakarta, Rabu (13/5/2020).Dokumentasi Jasa Marga Area peristirahatan dan singgah di beberapa ruas titik jalan tol yang memberlakukan pengunjung hanya singgah 30 menit, Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Rest area ke depan bukan tempat kongkow-kongkow lagi, orang-orang hanya boleh masuk ke lokasi untuk beli sesuatu dan tinggalkan rest area dengan cepat,” katanya.

Demi mempermudah pelayanan, Dwimawan juga menambahkan, Jasa Marga bakal menyiapkan aplikasi agar pengguna jalan tol dapat mendapatkan makanan dan kebutuhan di rest area tanpa harus antre panjang.

“Kami juga membuat mobile aplikasi agar dari dekat rest area, penumpang sudah bisa pesan makanan atau yang lain. Lalu nanti tinggal diambil saja pesanannya,” tutur Dwimawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com