Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan New Normal, Jasa Marga Siapkan Transaksi Tol Tanpa Berhenti

Kompas.com - 28/05/2020, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah perusahaan diprediksi bakal beradaptasi dengan skema kehidupan baru alias ‘new normal’. Salah satunya Jasa Marga yang akan berinovasi dengan teknologi transaksi gerbang tol tanpa berhenti.

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, sebelumnya pihaknya telah berinovasi mengembangkan transaksi elektronik.

Beruntung sistem tersebut sudah digunakan mulai 2017, yang turut berperan penting mengurangi penyebaran virus corona.

Baca juga: Mengendarai Motor Kecepatan Tinggi Ada Lubang, Hajar atau Menghindar?

Penyemprotan disinfektan gardu tol dan peralatan transaksi di Tol Tangerang-Merak, Jumat (20/3/2020)Humas Tol Tangerang-Merak Penyemprotan disinfektan gardu tol dan peralatan transaksi di Tol Tangerang-Merak, Jumat (20/3/2020)

Lantaran transaksi sebelumnya mengharuskan operator bertatap muka langsung dengan pengemudi.

“Jasa Marga saat ini mengembangkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) dengan single lane, dan saat ini kami sedang melakukan perluasan uji coba di Provinsi Bali, di jalan tol Bali-Mandara,” ujar Dwimawan, dalam konferensi video (27/5/2020).

Uji coba sistem transaksi Single Lane Free Flow (SLFF) di jalan tol diberi nama FLO, yang merupakan sistem pembayaran Tol Prabayar berbasis Mobile Application dan Sticker.

Baca juga: Benarkah Simpan Hand Sanitizer di Kabin Bisa Membuat Mobil Terbakar?

Petugas jalan tol menawarkan kartau uang elektronik di gerbang pintu tol Jagorawi Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/10/2017). Sebanyak 1,5 juta uang elektronik  akan dibagikan gratis mulai 16 Oktober hingga 31 Oktober 2017. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya Petugas jalan tol menawarkan kartau uang elektronik di gerbang pintu tol Jagorawi Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/10/2017). Sebanyak 1,5 juta uang elektronik akan dibagikan gratis mulai 16 Oktober hingga 31 Oktober 2017.

Teknologi ini menggunakan RFID serta menggunakan sumber dana berbasis voucher elektronik, seperti layaknya telepon genggam.

Artinya, teknologi ini akan memudahkan pengemudi saat melakukan transaksi di gerbang tol. Jika sebelumnya harus melakukan tapping, kini mobil bisa melakukan transaksi tanpa berhenti.

“Menghadapi new normal, hal ini sangat menguntungkan sekali bagi pengguna jalan. Kurang lebih ada 1.000 kendaraan di sana yang uji coba implementasi di lapangan,” kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com