Tidak Hanya Jakarta, Masuk Bekasi dari Luar Kota Harus Bawa SIKM

Lihat Foto
ANTARA FOTO/FAUZAN
Petugas memeriksa kendaraan di gerbang tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (27/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020.
|
Editor: Azwar Ferdian

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan bahwa masyarakat atau pengendara yang hendak memasuki wilayah Bekasi dari luar Jabodetabek harus membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Hal ini tercantum dalam Peraturan Wali Kota Nomor 32 Tahun 2020, guna mencegah penyebaran kasus baru virus corona alias Covid-19 pasca Lebaran 2020.

"Sudah ada Perwalnya, tapi lagi disusun Kepwalnya (Keputusan Wali Kota). Besok pada saat masuk, saya sampaikan saja bagi warga di luar kota Bekasi kita tolak," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (27/5/2020).

Baca juga: Razia SIKM Sudah Dilakukan Sebelum Masuk Jabodetabek

Dalam Perwal itu juga disebutkan, SIKM hanya akan diterbitkan untuk kalangan terbatas, tak jauh berbeda dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Mereka ialah, sektor kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi.

Kemudian, sektor keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar atau utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek vital tertentu, serta kebutuhan sehari-hari.

Penerbitan SIKM juga hanya berhak dimiliki oleh warga yang dalam keadaan darurat, seperti sakit dan apabila ada kerabat yang meninggal. Bukti tersebut akan diminta saat warga mengurus SIKM Kota Bekasi secara spesifik pada surat pernyataan sehat.

Baca juga: Bukan buat Satu Mobil, SIKM Hanya Berlaku Per Orang

Adapun tata cara pembuatan SIKM untuk warga Bekasi, bisa diakses melalui situs web www.bekasikota.go.id. Berikut kategori SIKM yang diterbitkan Pemkot Bekasi:

1. SIKM perjalanan berulang, untuk pegawai, pengusaha atau orang asing yang tinggal di Bekasi, tetapi lokasi kerjanya di luar Jabodetabek, dan sebaliknya.

2. SIKM perjalanan sekali untuk warga yang memerlukan perjalanan dinas keluar Jabodetabek. Bagi warga yang punya tempat tinggal atau usaha di Bekasi atau dalam keperluan darurat seperti pasien gawat darurat atau kerabat mengalami sakit keras/wafat.

Halaman Selanjutnya
Halaman
TAG:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi