Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Hari Ini, Jalan Tol Cikampek Akan Diberlakukan Buka-Tutup

Kompas.com - 31/05/2020, 12:44 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) akan memberlakukan rekayasa lalu lintas buka tutup jalan mulai Minggu (31/5/2020).

Hal ini diberlakukan karena pihak pengelola ingin melaksanakan pekerjaan lanjutan pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di KM 10+550 arah menuju Cikampek atau jalur A.

"Sehubungan dengan pekerjaan persiapan dan perapihan proyek tersebut akan dilakukan penutupan sebagian lajur tiga jalur A yang akan dimulai pada ini sampai dengan Jumat (5/6/2020)," kata kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Baca juga: Ada Pandemi, Total Arus Mudik Lebaran 2020 Tercatat 465.582 Unit

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Berkerja sama dengan pihak kepolisian, rekayasa sistem buka tutup lajur ini dilakukan dengan tiga arah Cikampek atau jalur A. Diperkirakan, skema bakal berlangsung hingga dua jam.

Pengalihan arus lalu lintas melalu sodetan jalur kanalisasi Cikunir, dan persiapan contraflow secara situasional dengan titik awal KM 08+000 sampai dengan KM 11+000 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta (Jalur B) apabila terjadi antrean kendaraan.

Sementara pekerjaan lanjutan pembongkaran JPO dilaksanakan pada hari Kamis (4/6/2020) pukul 22.00 sampai 05.00 WIB atau window time.

Kendaraan arus balik dari luar Jabodetabek menuju Jakarta masuk melalui Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Jakarta, Kamis (28/5/2020)..Dokumentasi Humas Jasa Marga Kendaraan arus balik dari luar Jabodetabek menuju Jakarta masuk melalui Gerbang Tol Cikampek Utama 2, Jakarta, Kamis (28/5/2020)..

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pembongkaran JPO dimaksud karena akan berdampak tertutupnya sebagian lajur di sekitar lokasi pekerjaan," ujar Widiyatmiko.

Pada kesempatan sama, ia juga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat di akses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com