Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Tanpa Penonton Balapan Justru Tambah Seru

Kompas.com - 31/05/2020, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Seri perdana MotoGP 2020 sedianya digelar pada Juli mendatang di Jerez, Spanyol. Balapan akan digelar tertutup tanpa penonton tapi tetap akan disiarkan secara langsung.

CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta, mengatakan, tanpa penonton atau bahkan fans abal-abal, MotoGP 2020 justru akan menarik dari segi balapan karena tim dan pebalap cuma fokus menang.

Baca juga: Ketika Marquez Mulai Akui Rins Sebagai Musuh

Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)VINCENZO PINTO Suasana penonton di sirkuit Mugello, Italia, saat menonton MotoGP. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

"Tim hidup berdasarkan apa yang mereka peroleh dari balapan, kami harus membantu mereka dari sudut pandang harus menghentikan kejuaraan," kata Ezpeleta kepadda Marca mengutip GPOne, Minggu (31/5/2020).

"Hak (siar) televisi sangat penting dan, terima kasih berkat itu (pendapatan) kita bisa balapan tanpa penonton. Kami tidak akan menggunakan cut-out cardbord di tribun untuk mensimulasikan kehadiran mereka. Kami akan berkonsentrasi menciptakan lomba terbaik," katanya.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta saat menyambangi progres pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Senin (28/10/2019)

Baca juga: Imbas Corona, MotoGP Inggris dan Australia Menyusul Batal

Meski demikian Ezepleta juga mengingatkan bahwa dengan jumlah seri yang cuma sedikit, yakni estimasi 12 seri maka tingkat kompetisi yang tinggi juga bisa berbahaya apalagi jika terjadi kecelakaan.

"Ini akan jadi kejuaraan dunia yang yang kompetitif, dengan balapan yang lebih sedikit dari yang diharapkan, kita harus berhati-hati dengan kecelakaan atau nol. Mereka membutuhkan strategi untuk mengetahui cara menyalurkan hasrat mereka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com