Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Tunggu Ragulator Bisa Gelar Kejuaraan Balap

Kompas.com - 07/06/2020, 15:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Motor Indonesia ( IMI), sedang menyiapkan protokol new normal berdasarkan pada protokol kesehatan dari pemerintah, untuk bisa menyelenggarakan balap di tengah pandemi.

Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat IMI mengatakan, dengan dibukanya beberapa akses dari pemerintah dan melandainya kurva penderita corona, kalender balap bisa saja kembali dimulai dalam waktu dekat.

Baca juga: Pengakuan Rossi Pindah dari Honda ke Pelukan Yamaha

Namun kegiatan tersebut baru terbatas di wilayah dengan mayoritas zona hijau pandemi, seperti di Jakarta dan sekitarnya belum di luar kota, serta terbatas pada ajang balap roda empat saja.

Pebalap Yamaha Cup Race (YCR) 2020 seri perdana di sirkuit gokart, Boyolali, Minggu (1/3/2020).KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Pebalap Yamaha Cup Race (YCR) 2020 seri perdana di sirkuit gokart, Boyolali, Minggu (1/3/2020).

Yamaha, sebagai pabrikan motor yang konsisten ikut ajang balap dan membuat kejuaraan satu merek atau one make race (OMR), mengatakan menunggu keputusan dari pihak terkait untuk bisa melanjutkan agenda balap.

M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, segala persiapan untuk ajang balap sebetulnya sudah siap sejak jauh hari.

"Kami masih menunggu lampu hijau dari IMI dan penyelenggara balap, dan yang utama perizinan dari pemerintah sehubungan pandemi Covid-19. Untuk kontrak pebalap dan sponsor dan persiapan YSR dan YCR kami sudah rampung," kata Abidin kepada Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Baca juga: Yamaha Luncurkan Xmax 300 Roma Edition

Yamaha R15 baru yang disiapkan untuk dijajal para pemesan online.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha R15 baru yang disiapkan untuk dijajal para pemesan online.

Saat ini Yamaha memiliki tiga kejuaran balap satu merek, yaitu Yamaha Cup Race (YCR), Yamaha Sunday Race (YSR) dan Yamaha Endurance Festival (YEF). Dari ketiganya baru YCR seri 1 yang berhasil dihelat sebelum pandemi.

"Kami sudah laksanakan YCR seri 1 di awal maret sebelum PSBB di Boyolali, Jawa Tengah. Lihat jadwal yang tersedia dari IMI. Sejauh ini sponsor masih support untuk Complete Event," kata Abidin.

Untuk YCR 2020 rencananya akan digelar sebanyak enam seri. Adapun YSR 2020, ajang balap motor sport di Sirkuit Sentul sebanyak empat seri, dan balap ketahanan atau YEF sekali menampilkan dua kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com