Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Vespa T5, Serupa tapi Tak Sama dengan Excel

Kompas.com - 29/06/2020, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa Excel relatif sangat terkenal di Indonesia, tetapi untuk model global ada yang jadi legendaris yaitu Vespa T5. Bodinya serupa dengan Excel, bedanya ialah mesinnya lebih kecil 125cc.

Vespa T5 atau biasa dengan nomenklatur tambahan T5 Pole Position lahir pada 1985 dan berhenti produksi 1989. Sehingga, secara generasi, Vespa T5 lebih tua dari Excel yang ada di Indonesia.

Vespa T5 Foto: Influx Magazine Vespa T5

Model ini lahir karena saat itu Piaggio sedang terkepung motor-motor Jepang. Bukan hanya di Italia, melainkan juga seluruh dunia. Saat itu motor Jepang bisa disebut menguasai pasar, dari skuter hingga motor sport.

Baca juga: 3 Vespa yang Sulit Dicari dan Harganya Tembus Ratusan Juta Rupiah

Vespa T5 dan juga Excel dibangun sebagai model sporty alias motor kencang. Skuter bongsor ini merupakan pengembangan dari PX Exclusive, baik dari segi desain, fitur, hingga kemampuan teknisnya.

Desainnya melambangkan kecepatan, terlihat adanya windshild kecil. Soal fitur sudah memakai sein depan belakang, bak oli samping terpisah, dan ban cadangan. Fitur terakhir tidak dimiliki oleh motor Jepang.

Vespa T5 Vespa T5

Silinder Vespa T5 memakai aluminium, dan punya lima lubang untuk meningkatkan performa sekaligus pendinginan mesin, sehingga mampu meraih putaran mesin lebih tinggi dari Vespa PX.

Rincian piston bore x stroke 55 mm x 52 mm. Suplai bensin dan udara diatur pakai karburator Dell'orto 24mm. Meski hanya 125cc, tenaga yang dihasilkan diklaim setara PX200, tetapi di putaran tinggi kalah torsi.

Selayaknya Vespa klasik, motor ini memakai panel baja di sekujur tubuh. Bobot keringnya 112 kg. Mesin berada di kanan, rem depan belakang tromol, dengan pedal rem belakang berada di dek kanan.

Baca juga: Upgrade Mesin Vespa Smallframe Andre Taulany Habiskan Rp 55 Juta

Vespa T5 Vespa T5

Di Inggris, Spanyol, dan Italia, model entry level tidak punya bak oli samping terpisah sehingga harus mencampur sendiri, tapi di Perancis dan Jerman ada. Fitur starter elektrik pun opsional tergantung negara tujuan.

Vespa T5 dijual dalam tiga generasi. Model pertama ialah Vespa T5 Mk1, generasi kedua Vespa T5 Classic. Kemudian T5 Milennium yang punya opsi rem depan sudah memakai disc brake.

Bodi Vespa T5 dipakai oleh banyak model lainnya. Tercatat ada enam model Vespa yang memakai bodi serupa Vespa T5, yaitu:

1. Vespa GS200, model ini eksis di Jerman, Benelux, dan Jepang.
2. MotoVespa TX200, yang eksis di Spanyol
3. Piaggio dan LML. Model LML Vespa T5 punya tiga varian mesin, PX100, PX150 dan PX200 untuk pasar Australia.
4. LML Select dan Select 2. Merupakan pengganti atau generasi penerus LML Vespa T5.
5. Vespa Excel. Skuter produksi PT Danmotors, Jakarta. Mengeluarkan dua varian mesin yaitu Excel 150 dan Excel 200.
6. PGO V6. Perusahaan PGO Taiwan memproduksi V6 yang merupakan kloning dari T5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com