Ini Bedanya Avante D1 dengan Varian Double Decker

Lihat Foto
INSTAGRAM/GALLERY_BUS_INDONESIA
Avante D1
|
Editor: Azwar Ferdian

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia bus di Indonesia kini semakin ramai dengan kehadiran Avante D1 buatan karoseri Tentrem. Hadirnya model baru ini menambah varian bodi bus buatan karoseri Tentrem semakin lengkap.

Avante D1 ini juga bus bertipe low drive, di mana posisi kabin pengemudi ada di dek bawah, sedangkan kabjn penumpang ada di dek atas. Oleh karena itu bus tipe low drive punya bagasi yang sangat luas.

Untuk Avante D series, sebenarnya ada yang lebih dulu diperkenalkan, tepatnya tahun 2019, yakni Avante D2. Bus ini merupakan varian bus tingkat buatan karoseri Tentrem dan baru PO Harapan Jaya yang memilikinya.

Baca juga: Berantas ODOL, Kemenhub Ingatkan Pentingnya Keselamatan

Kebetulan, untuk Avante D1, PO Harapan Jaya juga menjadi yang pemilim pertama dj Indonesia. Lalu secara bagian eksterior, apa saja perbedaan antara Avante D2 dan D1?

Perbedaan paling besar terlihat pada bagian depan, di mana Avante D1 sudah tidak menggunakan spion model tanduk, melainkan memakai kamera. Hilangnya spion tanduk ini cukup membuat janggal, karena mungkin masih belum terbiasa.

Untuk di Avante D2, masih menggunakan spion tanduk, layaknya bus-bus yang beredar di jalanan saat ini. Jika dilihat, spion kamera milik Avante D1 ini berukuran kecil dan posisinya ada di bando bagian samping.

Baca juga: Perdana, Honda BR-V Generasi Baru Sapa Warga Makassar

Selain menjadi spion, terdapat empat kamera lagi yang ditempatkan di depan, samping kiri dan kanan, serta belakang. Jadi kalau dijumlahkan, Avante D1 punya enam kamera di sekeliling bodinya.

Perbedaan lain yang bisa dilihat dari eksterior adalah posisi pintu tengah. Jika Avante D2, posisi pintu tengahnya dekat dengan as roda belakang, sedangkan D1, posisinya di samping as roda depan.

Untuk interior, masih belum jelas apa saja perbedaannya, mengingat Tentrem belum secara resmi merilis Avante D1. Selain itu tentunya Avante D2 punya dua dek kabin penumpang, di bawah dan atas.

Avante D1 hanya punya satu kabin penumpang, tepatnya di atas. Sedangkan di bagian bawah, hanya dibuat untuk mengangkut barang, jadi bagasinya sangat luas.

Nampaknya perbedaan dari kedua bus secara eksterior hanya itu saja. Untuk dimensinya, kurang lebih sama, punya tinggi 4,08 meter dan panjang 13,5 meter.

Kita tunggu saja karoseri Tentrem merilis Avante D1 secara resmi. Nantinya pasti akan ada inovasi lainnya yang bisa disematkan di dalam kabin bus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel Terkait

TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi