Empat Pasangan Bertarung dalam Pilkada Jambi

Lihat Foto
KOMPAS.COM/ GLORI K WADRIANTO
Suasana pemilihan umum di salah satu tempat pemungutan suara di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, dalam Pemilu 2009 lalu.
Editor: ksp

JAMBI, KOMPAS.com - Dua pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur Jambi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi, Rabu (24/3). Dengan demikian, ada empat pasangan yang bakal bertarung memperebutkan suara pada pemilihan kepala daerah 19 Juni mendatang.

Pasangan Safrial-Agus Setyonegoro menyerahkan formulir pendaftaran ke KPU sekitar pukul 09.30, bersama 30-an pendukung mereka. Pasangan ini diterima oleh seluruh anggota KPU. Sedangkan pasangan Majid-Muaz-Abdullah Hich datang ke KPU sekitar pukul 15.00. Rombongan yang terakhir menyerahkan formulir pendaftaran ini, diiringi sekitar 200 pendukung mereka. Kedatangan mereka juga disambut atraksi kuda lumping, barongsay, dan pencak silat.

Kedua calon optimistis bakal memenangi pilkada kali ini. Menurut Safrial, dirinya memang tidak memasang target perolehan suara, namun tetap yakin bakal menang. Hal itu didorong oleh kekuatan partai koalisi yang mengusungnya, yaitu PDI Perjuangan, PKPB, PPRN, Barnas, dan Partai Republikan.

Ia mencontohkan, PDI Perjuangan memenangi perolehan suara pada pemilu lalu , sehingga pihaknya meyakini seluruh suara dari pendukung partai tersebut bakal diberikan untuknya. Massa PDI Perjuangan sangat militan dan tidak terpengaruh oleh uang, ujarnya.

Selain pendukung partai, ia juga yakin bakal menarik massa dari komunitas Batak, yang memiliki kesamaan dengannya, serta komunitas Jawa yang memiliki kesamaan dengan pasangannya, Agus Setyonegoro. Untuk kegiatan sosialisasi, Safrial lebih mengandalkan massa pendukung, bukan dengan memasang baliho atau poster-poster di jalanan.

Sekretaris Tim Pemenangan Majid Muaz-Hich , Khoiri mengatakan, pihaknya optimistis pilkada akan berlangsung satu putaran saja. Untuk besaran perolehan suara yang diprediksi akan diperoleh pasangan ini, Khoiri mengatakan tidak menetapkan target tertentu. Sejauh ini, pasangan tersebut didukung oleh koalisi partai PAN, PPP, PBB, dan Hanura. Kami yakin satu putaran saja, sudah akan diketahui siapa pemenangnya, ujar Khoiri.

Majid Muaz mengatakan, dirinya memiliki kesamaan visi dengan Hich. Itulah yang mendorong Majid ingin berpasangan dengannya. Majid menyatakan optimistis di bawah kepemimpinannya, Jambi bakal jauh lebih maju.

Empat pasangan
Hingga ditutupnya jadwal pendaftaran calon gubenur dan wakil gubenur pada Rabu kemarin , ada empat pasangan yang telah menyerahkan formulir pendaftaran. Selain Majid-Hich dan Safrial-Agus, dua pasangan yang telah lebih dahulu mendaftar adalah Hasan Basri Agus-Fachrori Umar (HBA-FU) dan pasangan Zulfikar Akhmad-Ami Taher (ZA-Ami).

Adapun, HBA-FU didukung oleh koalisi Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Sedangkan ZA-Ami didukung Partai Gerindra.

Seluruh kandidat gubernur yang bersaing nanti saat ini masih menjabat sebagai kepala daerah. ZA menjabat Bupati Bungo, HBA Bupati Sarolangun, Majid Bupati Tebo, dan Safrial Bupati Tanjung Jabung Barat. Kandidat wakil gubernur Hich saat ini Bupati Tanjung Jabung Barat, Agus Setyonegoro Dosen Universitas Jambi, dan Fachrori Umar sebelumnya Wakil Ketua Hakim di Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Artikel Terkait


Video Pilihan

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi