JELAJAHI

Mencari Gunung Agung di Pagi Hari

Lihat Foto
KOMPAS.com/Ira Rachmawati
Suasana pagi hari Jumat (29/9/2017) di Pos Pantau Gunung Agung yang berjarak 12 kilometer.
|
Editor: Erlangga Djumena

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Tidak mudah melihat Gunung Agung secara utuh tanpa tertutup awan selama statusnya ditetapkan awas sejak Jumat (22/9/2017). Namun Jumat (29/9/2017), gunung Agung terlihat jelas dengan mata telanjang dari Pos Pantau di Desa Rendang Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem. Bahkan asap putih yang muncul dari puncak gunung agung terlihat jelas. Cuaca di sekitar gunung Agung juga sangat cerah.

"Jarang sekali terlihat jelas seperti pagi ini. Biasanya hanya sebentar terus tertutup awan dan kabut," jelas Angger Putranto, salah seorang jurnalis yang sudah menginap di Pos Pantau selama tujuh hari kepada Kompas.com Jumat (29/9/2017).

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh beberapa jurnalis untuk mengabadikan gambar baik dalam bentuk foto dan video. Bahkan beberapa juga berswafoto dengan latar belakang gunung Agung.

"Jarang-jarang seperti ini. Saya sudah empat hari setiap pagi kesini untuk ambil gambar gunung Agung baru kali ini terlihat jelas. Bersih, tidak ada awan dan kabut ungkap Wawan tambah seorang jurnalis TV.

Baca juga: Evakuasi Anjing Hingga Monyet Albino Milik Pengungsi Gunung Agung

Sementara itu, pantauan Pos Pantau Gunung Agung di Desa Rendang Karangasem, Gunung Agung masih menunjukkan aktivitas kegempaan yang sangat tinggi.

Berdasarkan perhitungan dari pukul 00.00-12.00 Wita Kamis (28/9/2017) telah terjadi 228 kali gempa vulkanik dalam, 111 kali vulkanik dangkal, dan 12 kali tektonik lokal. Bahkan getaran gempa tektonik lokal terasa sampai di pos pantau yang jaraknya 12 km dari puncak kawah. 

Selain itu, dari citra satelit telah terlihat sobekan atau rekahan di kawah gunung Agung. Rekahan ini seiring meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung. Tteapi berapa lebar rekahan, belum bisa dipastikan seiring pengukuran yang terus dilakukan karena lebar sobekan yang terus berubah.

Kompas TV
BNPB memasang sirine peringatan dini gunung berapi di 5 lokasi di Karangasem Bali.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi