Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Pasir Laut Sebabkan 60 Persen Pulau Citlim Karimun Rusak

Kompas.com - 26/07/2019, 13:07 WIB
Hadi Maulana,
Khairina

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Kondisi Pulau Citlim, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau sangat memprihatinkan.

Bahkan, saat ini diperkirakan kondisi kerusakan pulau terdepan tersebut akibat aktivitas tambang pasir laut mencapai 60 persen.

Komandan Guskamla Armada I Laksamana Pertama Yayan Sofian yang melihat langsung kondisi pulau tersebut mengaku sangat miris.

Baca juga: Tewaskan 3 Bocah Pekerja, Kades Minta Pemilik Penambangan Pasir di Sikka Dijerat Hukum

Pulau yang memiliki pemandangan yang indah seharusnya dikembangkan menjadi kawasan pariwisata, bukan malah dijadikan kawasan tambang pasir laut.

Tidak itu saja, dirinya mengaku jika hal ini tidak cepat dicegah tidak menutup kemungkinan akan berimbas kepada masyarakat maritim yang ada disekitar pulau tersebut.

"Banyak terdapat kubangan-kubangan yang memprihatinkan. Dan rata-rata kubangan tersebut dampak dari penggalian pasir," kata Yayan usai meninjau Kapal dan Tongkang pembawa pasir yang diamankan, Kamis (25/7/2019).

Selain terdapat sejumlah kubangan dengan kedalaman yang cukup dalam, sejumlah hutan di pulau tersebut juga terlihat rusak.

Padahal, garis pantai di pulau tersebut sangat bagus dan menarik dan jika dikembangkan bakal menjadi objek wisata baru bagi Kabupaten Karimun.

"Untuk kerusakan yang ada tidak bisa diperbaiki kecuali hutannya dengan dilakukan penanaman pohon  kembali," ujarnya.

"Tapi kalau kubangan bekas galian pasir, hal itu tidak bisa diperbaiki karena terlalu dalam dan sangat membahayakan," katanya menambahkan.

Lebih jauh, Yayan mengaku, saat ini penyidik Guskamla Armada I masih melakukan pemeriksaan, meski tidak ada pekerja PT Asa Tata Mardivka (ATM) yang diamankan dari penggerebekan tambang pasir di Pulau Citlim.

Namun, sejumlah ABK yang ada di kapal dan tongkang berhasil diamankan serta pasir laut dan beberapa beko dan sejumlah lori.

"Untuk pemilik perusahaan belum diketahui, tapi kalau sudah ada perkembangan pasti kami update ke teman-taman," jelasnya.

Baca juga: Merapi Berstatus Waspada, Penambangan Pasir Ditutup Sementara

Sebelumnya, jajaran Guskamla Armada I berhasil mengamankan satu tongkang BG Bahtera Bahagia dan kapal TB Tirta Jaya VIII pengangkut pasir laut dari Pulau Citlim, Kecamatan Moro, Karimun, Kepulauan Riau.

Tongkang dan kapal ini diamankan oleh Kapal KRI Torani 860, saat melakukan patroli dan mendapati adanya aktivitas pertambangan di Pulau Citlim tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com