Imbau Masyarakat Shalat Id di Rumah, Ini Alasan Gubernur Maluku

Lihat Foto
KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY
Gubernur Maluku, Murad Ismail saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Senin malam (11/5/2020)
|
Editor: Dheri Agriesta

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Murad Ismail meminta warga menjalankan shalat id di rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

"Dianjurkan dan diimbau untuk seluruh umat muslim di Maluku pada saat Idul Fitri itu shalatnya di rumah saja," kata Murad di Kantor Gubernur Maluku, Senin (18/5/2020).

Pernyataan itu disampaikan Murad setelah melakukan video teleconference dengan Menteri Koordinator bidang Polhukam Mahfud MD.

Menurut Murad, masyarakat Maluku harus mematuhi anjuran yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Khususnya, tentang pedoman tata cara beribadah di tengah pandemi Covid-19 untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Tambah 9, Jumlah Positif Covid-19 di Maluku Jadi 116 Kasus

“Sedangkan shalat Jumat yang wajib saja itu kita shalat di rumah diganti dengan shalat zuhur, apalagi ini shalat sunah. Itu inti dari pembicaraan dengan Menkopolhukam tadi melalui video teleconference. Kapolri juga bicara sama,” ungkapnya.

Murad yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku ini mengungkapkan, terdapat 73 masjid yang telah mengajukan izin untuk penyelenggaraan shalat Id.

Murad pun akan memanggil pemuka agama di Kota Ambon untuk membahas masalah itu.

“Nanti kita panggil untuk rapat di Korem. Tapi pada prinsipnya shalat Id itu dianjurkan dilaksanakan di rumah, itu intinya pengarahan dari Menkopolhukam, Kapolri dan Panglima TNI juga demikian begitu juga Menteri Agama,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Kompas.com Play

Lihat Semua

Video Pilihan
TAG:


Terpopuler
Komentar

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi