Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Covid dari Alat RT-LAMP BRIN Diklaim Bisa Keluar Kurang dari Satu Jam

Kompas.com - 22/01/2022, 09:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) resmi meluncurkan alat deteksi Covid-19 alternatif yang disebut Reverse Transcription-Loop Mediated Isothermal Amplification (RT-LAMP). Artinya, masyarakat sudah bisa mengakses alat tes Covid tersebut.

Dalam konferensi pers virtual, Jumat (21/1/2022) Peneliti Kimia BRIN Tjandrawati Mozef mengatakan bahwa hasil tes Covid dari kit RT-LAMP bisa didapatkan lebih cepat, yaitu kurang dari satu jam.

Dia menjelaskan, berbeda dengan tes PCR pada umumnya RT-LAMP BRIN bekerja dengan sederhana, di mana sampel yang diuji tidak perlu dibawa ke laboratorium.

"RT-LAMP bekerja terhadap waktu, karena suhunya konstan jadi tidak ada siklus suhu. Kita set (waktunya) 40 menit sudah langsung keliatan (hasilnya)," ujar Tjandrawati.

Baca juga: Alat Tes Covid-19 RT-LAMP dari BRIN Kantongi Izin Edar, Diklaim Mampu Deteksi Omicron

 

Pada kesempatan yang sama, Peneliti di Pusat Riset Fisika BRIN Dr Agus Sukarto Wismogroho menjelaskan alat tes Covid RT-LAMP menggunakan sampel ekstrak RNA yang dapat dideteksi secara kualitatif dan tingkat akurasinya dinilai sangat baik.

"Selama sampelnya mengandung RNA virus, kit RT-LAMP bisa mendeteksinya, baik sampel tersebut berasal dari nasofaring atau saliva," katanya.

Dijelaskan Tjandrawati, pengetesan virus corona menggunakan alat tes Covid-19 RT-LAMP yang dikembangkan BRIN ini, sebenarnya sama dengan RT-PCR yakni menggunakan swab hidung atau tenggorokan.

Baca juga: Setara PCR, Alat Tes Covid-19 Ini Hanya Menggunakan Sampel Air Liur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com