Tumbuh bersama kekuatan mimpi perempuan Indonesia

Hari Kanker Anak Sedunia 2022: Kenali Penyebab hingga Gejala Kanker pada Anak

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Photographee.eu
Ilustrasi kanker pada anak, pasien kanker anak, Hari Kanker Anak Sedunia.
|
Editor: Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas


KOMPAS.com - Hari ini masyarakat diseluruh dunia memperingati Hari Kanker Anak Sedunia 2022. Tema Hari Kanker Anak Sedunia tahun ini yaitu 'Kelangsungan Hidup yang Lebih Baik' dan dapat dicapai dengan tagar #throughyourhands.

Hari Kanker Anak Sedunia kerap diperingati pada tanggal 15 Februari di setiap tahunnya. Tujuan dari ditetapkannya hari tersebut adalah untuk menyoroti bahaya, maupun dampak penyakit terhadap anak-anak.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Senin (15/2/2016) lebih dari 50 persen kasus kanker pada anak yang datang ke fasilitas kesehatan, sudah dalam keadaan stadium lanjut.

Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan orangtua mengenai kanker. Padahal, jika kanker dideteksi secara dini anak-anak penderita kanker bisa segera mendapatkan pengobatan dan terapi yang sesuai.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 (Riskesdas), prevalensi atau angka kejadian kanker anak di Indonesia mulai dari usia nol sampai 14 tahun sebanyak 16.291 kasus.

Sementara, Pan American Health Organization (PAHO) menyebutkan setidaknya 280.000 anak usia nol sampai 19 tahun di dunia didiagnosis menderita kanker setiap tahunnya.

Baca juga: Hari Kanker Anak Sedunia 2022, Sejarah dan Tema Tahun Ini

Dalam peringatan Hari Kanker Anak Sedunia ini, menegaskan bahwa kanker pada anak berbeda dengan orang dewasa yang dapat disebabkan karena beberapa faktor termasuk gaya hidup tidak sehat, lingkungan, dan lain sebagainya.

Seperti dilansir dari National Cancer Institute, Selasa (15/2/2022) penyebab sebagian besar kanker pada anak masih belum diketahui. Namun, sebanyak 5 persen dari seluruh kanker pada anak-anak disebabkan oleh mutasi genetik yang dapat diturunkan dari orangtua.

Oleh karena itu, peringatan Hari Kanker Anak Sedunia 2022 dapat menjadi momen bagi para orangtua untuk lebih mengenal kanker pada anak.

Kemenkes membeberkan terdapat enam jenis kanker yang banyak menyerang anak-anak, antara lain leukemia, retinoblastoma, osteosarkoma, neuroblastoma, limfoma maligna, dan karsinoma nasofaring.

Kendati kanker pada anak lebih sulit diketahui karena mereka belum mampu untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya, Anda bisa mengenali tanda dan gejala kanker. Sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin, serta meningkatan peluang kesembuhan pada anak.

Jenis kanker pada anak

1. Leukemia

Leukemia adalah kanker di mana sel darah putih abnormal diproduksi di sumsum tulang. Sel-sel itu akan tumbuh di luar kendali, dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan data Kemenkes, leukimia merupakan kanker tertinggi pada anak, yang mana angka kejadiannya 2,8 per 100.000 anak. Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memahami dan mengenali gejala kanker pada anak.

Baca juga: Mengenal Jenis Kanker Anak yang Diderita Fang Fang

Halaman Selanjutnya
Halaman

Artikel Terkait


Video Pilihan
TAG:

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi