Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Belajar Sosiologi

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK
ilustrasi.
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Sosiologi berkaitan dengan banyak masalah di dunia saat ini maka dianggap sangat penting. Sosiologi dianggap sebagai pendekatan terbaik untuk semua ilmu sosial. Lalu apa manfaat mempelajari sosiologi?

Dikutip dari Sociology Guide, berikut ini beberapa manfaat mempelajari sosiologi:

Penelitian sosial secara ilmiah

Sosiologi mempelajari masyarakat dengan cara ilmiah. Sebelum munculnya sosiologi, tidak ada upaya sistematis dan ilmiah untuk mempelajari masyarakat manusia dengan semua kompleksitasnya.

Sosiologi memungkinkan untuk memelajari bebagai fenomena sosial dalam masyarakat. Sehingga setiap fenomena sosial dalam masyarakat dapat dijelaskan secara logis, sistematis dan berdasarkan pada metode-metode penelitian sosial tertentu dalam penelitian.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengetahuan ilmiah tentang masyarakat manusia ini diperlukan untuk mencapai kemajuan di berbagai bidang.

Baca juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Mengetahui sifat sosial manusia

Sosiologi memberi lebih banyak kejelasan pada sifat sosial manusia. Sosiologi menggali jauh ke dalam sifat sosial manusia.

Melalui sosiologi, dijelaskan mengapa manusia adalah makhluk sosial, mengapa hidup dalam kelompok, komunitas dan masyarakat.

Juga mengamati hubungan antara individu dan masyarakat, dampak masyarakat pada manusia dan hal-hal lain.

 Meningkatkan tindakan sosial

Sosiologi meningkatkan kekuatan tindakan sosial. Ilmu masyarakat membantu individu untuk memahami dirinya sendiri, kapasitasnya, bakat dan keterbatasannya.

Sosiologi memungkinkan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, pengetahuan masyarakat, kelompok sosial, lembaga sosial, asosiasi, fungsinya dan lain-lain.

Sosiologi membantu manusia menjalani kehidupan sosial yang efektif.

Baca juga: Biografi dan Pemikiran Auguste Comte, Bapak Sosiologi

Mengetahui peran lembaga dalam pengembangan individu

Sosiologi mempelajari peran lembaga dalam pengembangan individu. Melalui sosiologi inilah dilakukan studi ilmiah tentang institusi sosial yang besar dan hubungan individu dengan masing-masing lembaga.

Rumah dan keluarga, sekolah dan pendidikan, gereja dan agama, negara dan pemerintah, industri dan pekerjaan, komunitas dan asosiasi. Semua itu adalah institusi yang melaluinya masyarakat dapat berfungsi.

Sosiologi mempelajari lembaga-lembaga tersebut dan perannya dalam pengembangan individu.

Kemudian sosiologi memberikan saran, pandangan atau langkah-langkah yang sesuai untuk memperkuat lembaga tersebut. Sehingga memungkinkan lembaga melayani individu secara lebih baik.

Baca juga: Kedudukan Sosiologi di Antara Ilmu-ilmu Lain

Memahami dan merencanakan masyarakat

Ilmu sosiologi sangat diperlukan untuk memahami dan merencanakan masyarakat. Masyarakat adalah fenomena yang kompleks dengan banyak kerumitan. Tidak mungkin memahami dan memecahkan banyak masalah tanpa dukungan sosiologi.

Manusia tidak dapat memahami bahkan memperbaiki masyarakat tanpa mengetahui mekanisme dan konstruksinya. Tanpa investigasi yang dilakukan oleh sosiologi, perencanaan sosial yang efektif tidak akan mungkin terjadi.

Sosiologi membantu manusia menentukan cara paling efisien untuk mencapai tujuan yang disepakati. Diperlukan pengetahuan tentang masyarakat sebelum kebijakan sosial dapat dijalankan.

Memecahkan masalah sosial

Sosiologi sangat penting dalam pemecahan masalah sosial. Dunia saat ini mengalami banyak masalah yang dapat diselesaikan melalui studi ilmiah masyarakat.

Tugas sosiologi untuk mempelajari masalah-masalah sosial melalui metode penelitian ilmiah dan untuk menemukan solusi bagi masyarakat.

Studi imiah tentang urusan manusia akan memberikan pengetahuan dan prinsip-prinsip yang memungkinkan manusia mengontrol kondisi kehidupan sosial dan meningkatkannya.

Baca juga: Sosiologi: Pengertian, Sejarah, dan Ciri-cirinya

Menarik perhatian pada nilai intrinsik dan martabat manusia

Sosiologi menarik perhatian manusia pada nilai instrinsik dan martabat manusia. Sosiologi berperan dalam mengubah sikap manusia terhadap manusia itu sendiri.

Dalam masyarakat khusus manusia terbatas pada jumlah organisasi dan budaya yang dapat dialami secara langsung. Manusia hampir tidak bisa mengenal orang-orang di daerah lain secara intim.

Pengetahuan sosiologi sangat penting untuk memiliki wawasan dan apresiasi terhadap motif yang digunakan orang lain dan kondisi di mana mereka ada.

Mengubah pandangan manusia terkait masalah kejahatan

Sosiologi telah mengubah cara pandang manusia terkait masalah kejahatan. Melalui studi sosiologi, seluruh pandangan manusia tentang berbagai aspek kejahatan telah berubah.

Para penjahat sekarang diperlakukan sebagai manusia yang menderita kekurangan mental dan melakukan upaya yang sesuai untuk merehabilitasi mereka sebagai anggota masyarakat yang berguna.

Baca juga: Status dan Peran Sosial dalam Studi Sosiologi

Berkontribusi besar memperkaya budaya manusia

Sosiologi memberikan kontribusi besar untuk memperkaya budaya manusia.

Budaya manusia menjadi lebih kaya dengan kontribusi sosiologi. Fenomena sosial sekarang dipahami dalam terang pengetahuan ilmiah dan penyelidikan.

Sosiologi telah memberi manusia pelatihan untuk memiliki pendekatan rasional terhadap pertanyaan-pertanyaan tentang diri sendiri, agama seseorang, adat istiadat, moral dan institusi.

Mengajarkan bersikap objektif, kritis dan tidak memihak

Sehingga memungkinkan manusia memiliki pemahaman yang lebih baik tentang dirinya dan orang lain.

Dengan studi perbandingan masyarakat dan kelompok selain keberadaannya, hidupnya menjadi lebih kaya dan lebih penuh dari yang seharusnya.

Sosiologi juga membantu manusia mengatasi prasangka pribadi yang sempit, ambisi dan kebencian kelas.

Baca juga: Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Cirinya

Penyelesaian masalah internasional

Sosiologi sangat penting dalam penyelesaian masalah internasional. Kemajuan ilmu fisika telah membawa bangsa-bangsa di dunia lebih dekat satu sama lain.

Tetapi di bidang sosial dunia telah ditinggalkan oleh kemajuan sains yang revolusioner. Dunia terbagi secara politis sehingga menimbulkan tekanan dan konflik. Manusia gagal membawa perdamaian.

Hadirnya sosiologi dapat membantu manusia memahami penyebab dan ketegangan yang mendasari konflik.

Memperbarui situasi terkini

Nilai sosiologi terletak pada fakta bahwa ilmu ini membuat manusia terus memperbarui situasi modern. Sosiologi berkontribusi membuat warga negara yang baik dan menemukan solusi untuk masalah masyarakat.

Sosiologi menambah pengetahuan masyarakat. Membantu individu menemukan hubungannya dengan masyarakat.

Baca juga: Perubahan Sosial: Arti dan Bentuknya

Studi tentang fenomena sosial dan cara serta sarana untuk mempromosikan kecukupan sosial, salah satu kebutuhan paling mendesak dari masyarakat modern.

Sosiologi memiliki daya tarik yang kuat untuk semua jenis pemikiran melalui kaitan langsung dengan banyak masalah di dunia saat ini.

Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat suku dan kaum marjinal

Studi tentang masyarakat telah membantu mempromosikan kesejahteraan masyarakat suku dan kaum marjinal. Komunitas suku dan marjinal menghadapi banyak masalah sosial-ekonomi dan budaya.

Studi yang dilakukan oleh sosiolog dan antropolog mengenai masyarakat suku dan masalahnya telah membantu pemerintah dalam melakukan langkah-langkah dan program kesejahteraan sosial untuk tujuan kesejahteraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi