Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transmigrasi: Tujuan dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
Josephus Primus
Seminar Ketransmigrasian. Indonesia terbukti belum mampu memenuhi kebutuhan pangan dari produksinya sendiri, kata Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi. Upaya meningkatkan ketahanan pangan, salah satunya, melalui program transmigrasi.
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Nibras Nada Nailufar

KOMPAS.com - Indonesia punya program memindahkan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain.

Biasanya pemindahan dilakukan dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang kurang padat penduduk. Itu dikenal dengan sebutan Transmigrasi.

Dilansir dari situs Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (kemendesa), transmigrasi merupakan langkah konkret dan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Transmigrasi adalah berpindahnya warga secara sukarela ke Wilayah Pengembangan Transmigrasi (WPT) atau lokasi permukiman.

Baca juga: Jelang Hari Guru Nasional, Kisah Inspiratif Diana Indrawati Berjuang di Pedalaman Transmigrasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada umumnya, warga yang ikut transmigrasi itu yang keadaan sosial ekonominya lemah. Tapi mereka punya tekad dan semangat untuk meningkat kesejahteraannya.

Keikutsertaan transmigrasi ini didasari atas kesukarelaan. Selain itu, pesertanya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah.

Tujuan Transmigrasi

Program transmigrasi ini punya tujuan mengurangi kemiskinan dan kepadatan pendudukan. Selain itu untuk pemerataan dan persebaran penduduk.

Biasanya, program ini diikuti mereka yang tinggal di Pulau Jawa untuk pindah ke luar pulau Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

Perpindahan memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah atau mengembangkan sumber daya alam.

Baca juga: Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa, Berapa Jumlah ASN yang Akan Transmigrasi?

Dalam program ini, warga akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Selain itu ada pemberian motivasi untuk meningkatkan pengertian, pemahaman dan perubahan sikap.

Dalam pemberian motivasi dijelaskan mengenai kesempatan kerja, peluang kerja, kondisi geografis hingga adat istiadat di lokasi transmigrasi.

Pemerintah akan memberikan bantuan lewat pengadaan jenis layanan dan berupa pendidikan. Ini untuk mempersiapkan dan kemampuan serta kesejahteraan para transmigran.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberi bantuan sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalani. Lalu tempat tinggal transmigrasi beserta fasilitas permukiman.

Jenis Transmigrasi

Pada program transmigrasi ini ada beberapa jenis dan tujuan yang berbeda:

Transmigrasi lokal

Transmigrasi ini merupakan jenis transmigrasi yang pertama. Ini dilakukan oleh orang-orang yang masih dalam satu wilayah dan lingkup provinsi.

Baca juga: Menteri Desa Gabungkan Program Transmigrasi dengan Prukades

Transmigrasi swakarya

Transmigrasi ini bertujuan untuk memberikan pekerjaan kepada transmigran. Ini merupakan jenis transmigrasi dari pemerintah berupa jaminan hidup selama beberapa bulan.

Transmigrasi sektoral

Transmigrasi sektoral ini merupakan jenis transmigrasi yang dibedakan dari pembiayaan. Untuk biaya ditanggung bersama-sama para transmigran.

Transmigrasi umum

Transmigrasi ini dilakukan adanya faktor-faktor dorongan yang berasal dari daerah asal, seperti sumber daya alam telalu sempit atau jarang ditemukan lapangan pekerjaan.

Transmigrasi ini dicanangkan oleh pemerintah. Untuk biaya ditanggung pemerintah.

Baca juga: Mendes Eko: Transmigrasi Terbukti Berhasil Tingkatkan Perekonomian

Transmigrasi keluarga

Ini merupakan transmigrasi mandiri yang biaya ditanggung pihak keluarga bukan pemerintah.

Transmigrasi swakarsa

Transmigrasi yang dilaksanakan atas kemauan atau kehendak sendiri dengan biaya sendiri disebut transmigrasi swakarsa.

Transmigrasi ini dilakukan dengan biaya sendiri, tapi berdasarkan bimbingan dan fasilitas dari pemerintah.

Transmigrasi bedol desa

Ini merupakan transmigrasi yang dilakukan secara massal. Karena yang ikut transmigrasi ini dalam jumlah besar dari satu desa.

Transmigrasi ini dengan biaya dari pemerintah dan disediakan fasilitas juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi