Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Laut Indonesia dan Manfaat Laut

Baca di App
Lihat Foto
Google Map
Peta Indonesia dan negara-negara di sekitarnya.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan.

Indonesia juga memiliki banyak nama laut yang letaknya disesuaikan dengan keberadaan pulau.

Diambil dari buku Laut Masa Depan Indonesia (2019) karya Mulyono Hutomo, laut merupakan sekumpulan air asin yang menggenang di permukaan bumi. Laut ini pula yang menghubungkan dan memisahkan pulau maupun benua yang ada di bumi.

Laut Sulawesi menjadi laut terdalam yang dimiliki Indonesia, yaitu mencapai kedalaman 6,2 kilometer. Sedangkan laut terdangkal di Indonesia justru terletak di Laut Jawa. Indonesia juga memiliki palung terdalam hingga 7.440 meter yang berada di Laut Banda. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar laut Indonesia

Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia memiliki beberapa laut yaitu:

Terletak di selatan Pulau Jawa dan utara Pulau Kalimantan. Di sebelah barat daya terhubung dengan Samudra Indonesia melalui Selat Sunda dan bagian barat laut terhubung dengan Laut China Selatan yang melalui Selat Karimata.

Baca juga: Indonesia sebagai Negara Maritim, Apa Maksudnya?

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sekitarnya terdapat Pulau Sumba, Pulau Sawu, Pulau Rote, Pulau Timor, dan Pulau Flores. Memiliki kedalaman laut sekitar 3,4 kilometer.

Terletak di timur kepulauan Maluku (Maluku Utara), barat Pulau Sulawesi, serta selatan Pulau Taliabu dan Pulau Mangoli (Maluku Utara). Terhubung Laut Banda di sebelah selatan dan Laut Sulawesi di sebelah utara.

Terletak di antara Pulau Sulawesi di sebelah utaranya dan kepulauan Nusa tenggara. Memiliki kedalaman hingga 5,1 kilometer.

Merupakan lautan yang terletak di Kepulauan Maluku bagian selatan. Di sebelah tenggara terdapat gugusan pulau-pulau dari kepulauan Maluku yang memisahkan Laut Arafuru.

Di sebelah selatan terdapat pulau Nusa Tenggara Timur.

Lautan yang terletak di ujung tenggara wilayah Indonesia. Berada di antara Benua Australia dan Pulau Papua.

Sedangkan sebelah barat Laut Arafuru berbatasan dengan laut Banda dan Laut Timor. Laut ini memiliki kedalam hingga 3,6 kilometer.

Baca juga: Arti Zona Ekonomi Eksklusif dan Dasar Hukumnya

Terletak di antara Benua Australia dan Pulau Timor (Timor Leste dan NTT). Terhubung dengan Samudra Indonesia yang ada di sebelah barat daya dan di bagian timur terhubung Laut Arafuru.

Terletak di sebelah barat Maluku Utara, Pulau Halmahera, dan pulau di ujung timur Papua. Terhubung dengan Samudra Pasifik di bagian timur laut.

  • Laut Seram

Terletak di sebelah utara Pulau Maluku dan barat Pulau Papua. Seperti laut kecil lainnya, Laut Seram memiliki kontur berbatu dan aktivitas tektonik yang cukup aktif.

  • Laut Sulawesi

Terdapat di sebelah utara Pulau Sulawesi, di timur berbatasan dengan Pulau Kalimantan dan pulau di Filipina. Laut Sulawesi dipisahkan dari Samudra Pasifik di bagian timur dengan pulau kecil seperti Pulau Sangihe dan Karakelong.

Manfaat laut bagi Indonesia

Sumber hayati yang ada di laut tentu memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Indonesia yang sebagian besar terdiri dari daerah perairan memiliki keuntungan yang besar.

Baca juga: 3 Pembagian Wilayah Laut Indonesia

Diambil dari buku Laut Sumber Kehidupan (2017) karya Erick Nugraha, beberapa manfaat laut bagi Indonesia, diantaranya:

  • Sumber kehidupan bagi nelayan

Setiap tahunnya hampir puluhan ton ikan ditangkap oleh nelayan di Indonesia. Hasil hayati di laut bisa menjadi sumber ekonomi maupun pekerjaan bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai.

Ikan-ikan yang sudah ditangkap bisa dikonsumsi sendiri dan dijual untuk di konsumsi oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

  • Jalur transportasi

Menurut situs resmi Kemetrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, laut Indonesia akan memiliki jalur tol laut yang akan menjadi poros maritim dunia.

Pembangunan tol bertujuan untuk mewujudkan konektivitas dan menekankan kesenjangan harga antara wilayah barat dan timur Indonesia. Kesenjangan tersebut disebabkan tidak adanya kepastian ketersediaan pangan.

Baca juga: Kapolda Maluku Pecahkan Rekor MURI Jelajah Laut dengan Jet Ski

Dengan adanya kapal-kapal reguler yang menjadi trayek tol laut, biaya transportasi angkutan turun untuk komoditas.

Selain itu, harga barang juga turun pada beberapa lokasi dibandingkan sebelum adanya tol laut.

Laut juga sebagai sarana menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya melalui transportasi.

  • Tempat rekreasi

Laut menjadi salah satu tempat alternatif untuk rekreasi. Pemandangan laut didominasi dengan warna biru menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan rasa jenuh akibat aktifitas sehari-hari.

Dengan menjadikan laut sebagai tempat rekreasi tentu mendorong ekonomi masyarakat di sekitar laut.

Munculnya penginapan hingga tempat kuliner bisa menjadi potensi yang besar untuk terus mendatangkan wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

  • Sumber pembangkit listrik

Baca juga: Mengapa Plankton Bisa Bikin Laut Lampung Menyala Biru Saat Malam Hari?

Laut mengalami pergerakan secara alami setiap hari. Dengan pergerakan laut yang terjadi, laut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Sehingga gerak laut tersebut sebagai penggerak turbin.

  • Sumber devisa

Selain dikonsumsi oleh masyarakat dalam negeri, sumber hayati tersebut juga bisa sebagai sumber devisa dengan mengekspor ikan-ikan ke luar negeri. Hal ini tentu menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi