Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Interaksi Sosial Dengan Berbagai Lembaga

Baca di App
Lihat Foto
Dok KUIS
Pelatihan kerja di dalam dan luar negeri untuk menggali potensi mahasiswa, melakukan interaksi sosial, dan mendapatkan pengalaman berbeda dari biasanya.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Interaksi sosial adalah sebuah proses sosial yang mempunyai hubungan dengan berbagai cara berhubungan.

Baik sesama individu maupun kelompok tertentu, yang bertujuan untuk membangun sistem dalam sebuah hubungan sosial.

Interaksi sosial memiliki pengaruh yang cukup kuat dengan berbagai lembaga. Berikut pengaruh interaksi sosial:

Interaksi sosial dengan lembaga sosial

Dilansir dari jurnal Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga (2016) karya Ratna Suwanli, manusia yang hidup selalu membutuhkan bantuan orang lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep manusia sosial adalah manusia yang selalu membutuhkan bantuan dan keberadaan orang lain disisinya dalam menjalankan aktivitas.

Hubungan interaksi sosial dengan adanya lembaga sosial adalah terbentuknya perilaku manusia yang sesuai dengan norma atau nilai yang berlaku dalam masyarakat.

Baca juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Lembaga sosial dalam lingkungan masyarakat berfungsi sebagai wadah yang memiliki wewenang mengatur perilaku manusia agar perilaku manusia tersebut sesuai dengan aturan yang ada.

Misalnya terjadi perkelahian antar anak muda di desa, maka pihak berwenang akan mengambil perselisihan dengan cara musyawarah mufakat.

Sikap yang diperlihatkan pihak berwenang menjalankan fungsi lembaga sosial dalam masyarakat untuk mengatur segala perilaku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku di lingkungan sosial.

Interkasi sosial dengan lembaga pendidikan

Pendidikan sudah diberikan sejak manusia lahir, dari yang sederhana hingga bersifat kompleks.

Pendidikan menjadi bekal manusia untuk menghadapi kehidupannya. Pendidikan menjadi penting karena dijadikan pondasi segala perubahan yang ingin dilakukan setiap manusia.

Jika tidak ada pendidikan, manusia tidak mampu memahami apa-apa yang ada di dunia. Manusia mengalami pendidikan dari tiga lingkungan, yaitu:

  1. Pendidikan dari orangtua yang diterima manusia untuk pertama kalinya.
  2. Lingkungan masyarakat
  3. Lingkungan di sekolah

Ketiga lingkungan tersebut memiliki perannya masing-masing terhadap perkembangan manusia.

Masing-masing lingkungan juga memiliki dasar atau porsi untuk membentuk karakter dan moral manusia.

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya

Dengan pendidikan, diharapkan manusia mampu menanamkan sikap sopan dan santun dalam bertindak. Sehingga keberhasilan dari pendidikan ini dapat dilihat dari penerapan manusia di lingkungan sosial masyarakat.

Dengan mendapatkan pendidikan yang baik, maka dalam menjalin hubungan dengan siapa pun akan mudah dan cepat terjalin komunikasi yang interaktif.

Interaksi sosial dengan lembaga ekonomi

Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia bergantung dengan konsep ekonomi. Di mana konsep ekonomi terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kegiatan ekonomi tersebut melibatkan banyak orang dan ada interaksi di dalamnya. Hal ini untuk mencapai tujuan yang maksimal.

Lembaga ekonomi yang dimaksud seperti koperasi serba usaha (KSU), koperasi unit desa (KUD), dan koperasi simpan pinjam (KSP), serta lembaga lain terkait pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat.

Adanya organisasi maupun lembaga tersebut menjadi tonggak penggerak roda ekonomi masyarakat.

Contoh interaksi yang terjadi yaitu saat ada individu atau kelompok orang yang membutuhkan pekerjaan sesuai skill dan kemampuan, namun faktanya tidak sama dengan yang diharapkan.

Baca juga: Pelihara Hewan Bisa Tingkatkan Interaksi Sosial Anak Autis

Lembaga ekonomi menjadi salah satu pihak yang bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya dengan membuka lowongan pekerjaan yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

Sehingga lapangan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah setempat dapat bermanfaat dan mampu menjadi salah satu upaya mengatasi permasalahan ekonomi.

Interaksi sosial dengan lembaga politik

Dalam hal ikut andil dalam pembuatan kebijakan sebuah negara atau kelompok, interaksi antar individu atau kelompok harus berjalan.

Misalnya pada perkumpulan pemuda dengan pihak pemerintah setempat untuk membicarakan fasilitas desa.

Masyarakat secara aktif terlibat dalam pembuatan kebijakan, pelaksanaan hingga pengawasannya. Sehingga timbul interaksi yang harmonis dan positif dari pihak pemerintah maupun pihak masyarakat.

Interaksi sosial dengan lembaga budaya

Dengan adanya interkasi sosial pada lembaga budaya akan membentengi budaya yang dimiliki Indonesia untuk tidak dimiliki oleh negara lain.

Baca juga: Ruang dan Interaksi Antarruang: Pengertian, Syarat dan Bentuknya

Krisis menghargai dan mencintai budaya sendiri bisa diperbaiki dengan lembaga budaya yang terus menggenjot pemahaman budaya kepada masyarakat.

Sehingga masayarakat lebih mudah dalam membentengi diri maupun negara terhadap serangan budaya yang dilakukan oleh negara lain.

Peningkatan kesadaran budaya dapat dilakukan melalui pembentukan komunitass sadar budaya. Komunitas menjadi wadah generasi muda lebih aktif dalam menggiatkan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Manfaat interaksi sosial dengan lembaga

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dalam interaksi sosial dengan berbagai lembaga, di antaranya:

  1. Dapat mencapai tujuan bersama dari masing-masing lembaga.
  2. Permasalahan yang ada dalam masing-masing lembaga dapat teratasi.
  3. Memperluas relasi dalam hidup berlembaga
  4. Melatih jiwa kepemimpinan yang baik dalam hidup berlembaga.
  5. Melatih individu atau kelompok untuk dapat berinteraksi dengan berbagai karakter yang berbeda dalam hidup berlembaga.
  6. Memperluas wawasan
  7. Timbul semangat kerjasama yang aktif dari setiap lembaga.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi