Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pernapasan Manusia

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com
Ilustrasi sistem pernapasan
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Pernapasan merupakan kegiatan makhluk hidup yang sangat penting, baik manusia, hewan, dan tumbuhan.

Sistem pernapasan yang terjadi pada makhluk hidup merupakan proses. Menghirup oksigen dari udara, kemudian mengeluarkan gas karbon dioksida dan uap air dengan menggunakan alat pernapasan.

Dilansir situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kemudayaan (Kemendikbud), pernapasan adalah kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan mengeluarkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.

Kemudian pertukaran gas antara sel dengan lingkungan (respirasi lingkungan). Reaksi enzimatik, pemanfaatan oksigen memerlukan enzim pernapasan (sitikrom).

Tahukah kamu bahwa manusia telah dilengkapi sistem alat pernapasan? Dalam alat pernapasan tersebut memiliki tugas dan fungsi saat manusia sedang bernapas.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Pernapasan Dada dan Perut Memberikan Manfaat Berbeda Bagi Tubuh

Alat pernapasan

Ada beberapa alat pernapasan yang dimiliki manusia, yakni:

  1. Hidung
  2. Saluran pernapasan
  3. Paru-paru

Berikut penjelasannya:

1. Hidung

Hidung merupakan organ pertama yang dilalui udara saat kamu sedang bernapas. Selain hidung udara juga masuk melalui rongga mulut.

Di dalam rongga hidung ada rambut-rambut (bulu hidung) dan selaput lendir. Rambut dan selaput lendir itu berfungsi untuk penyaring, penghangat, dan pengatur kelembaban yang masuk ke paru-paru.

Sebaiknya kamu bernapas melalui hidung. Karena udara yang masuk tidak langsung menuju paru-paru, tapi akan disaring dan diatur terlebih dahulu oleh bulu hidung dan selaput lendir.

2. Saluran pernapasan

Pada saluran pernapasan ada beberapa bagian, yakni:

Berikut adalah penjelasannya:

Baca juga: Bagian Hidung dan Fungsinya

Faring merupakan persimpangan antara kerongkongan dan tenggorokan untuk saluran pernapasan.

Di dalam terdapat katup yang disebut epiglotis (anak tekak) yang berfungsi sebagai pengatur jalan masuk ke kerongkongan dan tenggorokan.

  • Laring

Laring adalah pangkal tenggorokan. Terdiri atas kepingan tulang rawan membentuk jakun dan terdapat celah menuju batang tenggorokan disebut glotis.

Di dalamnya suara terdapat pita suara dan beberapa otot yang mengatur ketegangan pita suara sehingga timbul bunyi.

  • Batang tenggorokan (Trakea)

Batang tenggorokan itu berupa pipa yang dindingnya terdiri tiga lapisan, yakni lapisan luar yang terdiri atas jaringan ikat.

Kemudian lapisan tengah yang terdiri atas otot-otot polos dan cincin tulang rawan. Selanjutnya lapisan dalam terdiri atas jaringan epitelium besilia.

Baca juga: Ilmuwan Kembangkan Deteksi Dini Kanker dengan Alat Tes Pernapasan

  • Bronkhus

Bronkhus merupakan percabangan batang tenggorokan. Itu menuju ke paru-paru kanan dan kiri.

Struktur pada bronkhus sama dengan batang tenggorokan, tapi dindingnya lebih halus. Kedudukan bronkhus kiri lebih mendatar jika dibandingkan bronkhus kanan, maka bronkhus kanan lebih mudah terserang penyakit.

  • Bronkheolus

Bronkheolus merupakan percabangan dari bronkhus. Saluran bronkheolus lebih dingin dan dindingnya tipis. Bronkheolus kiri berjumlah dua, sedangkan kanan berjumlah tiga.

  • Alveolus

Alveolus adalah saluran udara buntu yang membentuk gelembung-gelembung udara. Dindingnya tipis setebal lapisan sel, lembab dan berlekatan dengan kapiler darah.

Fungsi alveolus sebagai permukaan respirasi. Luas total mencapi 200 meter persegi (50 x luas permukaan tubuh).

Baca juga: Pelajari Pernapasan Diafragma untuk Performa Olahraga

3. Paru-paru

Udara yang keluar dan masuk akan melewati paru-paru saat melakukan pernapasan. Paru-paru berjumlah sepasang yang terletak di dalam rongga dada kiri dan kanan.

Pada paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki dua lobus. Di dalam paru-paru itu terdapat alveolus yang berjumlah kurang lebih 300 juta buah.

Bagian luar paru-paru dibungkus oleh selaput pleura. Itu untuk melindungi paru-paru dari gesekan ketika bernapas, berlapis dua dan berisi cairan.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), organ pernapasan manusia paru-paru terletak di dada, di mana jaringannya yang halus dilindungi oleh tulang dada dan otot toraks.

Paru-paru memberikan jaringan oksigen tubuh manusia secara kontinyu dan membersihkan darah dari produk limbah gas, karbon dioksida.

Udara atmosfer dipompa masuk ke luar secara teratur melalui saluran udara yang bergabung dengan daerah pertukaran gas dengan bagian luar tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi