Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Pergelaran Tari

Baca di App
Lihat Foto
DOKUMENTASI KBRI WASHINGTON DC
Ilustrasi pergelaran tari.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Dalam menyelenggarakan pergelaran tari diperlukan persiapan yang memadai agar pertunjukan dapat berjalan lancar.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, persiapan pergelaran tari meliputi dua bagian, yaitu bagian yang bersifat manajemen dan bagian yang langsung berurusan dengan kegiatan seni

Berikut penjelasannya:

Bagian manajemen adalah kumpulan orang-orang yang melakukan suatu kegiatan dalam mengurus operasional pagelaran yang dipimpin oleh produser.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di sekolah biasanya dipimpin oleh ketua panitia atau oleh Kepala Sekolah.

Bagian manajemen mengurusi tentang memeroleh dana, cara penggunaannya serta mempersiapkan keperluan penyelenggaraan pagelaran.

Keperluan penyelenggaraan pagelaran tari seperti: perijinan, tempat pagelaran, perlengkapan pagelaran, konsumsi, transportasi akomodasi dan penonton.

Bagian yang langsung berurusan dengan kegiatan seni adalah kumpulan orang-orang yang melakukan suatu kegiatan khusus sesuai tugas masing-masing seperti pemain, pelatih, penata cahaya, penata suara, penata rias dan sebagainya yang dipimpin oleh sutradara.

Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari

Persiapan pagelaran tari

Persiapan dalam penyelenggaraan pagelaran antara lain:

  1. Pengorganisasian pagelaran
  2. Menentukan tema, judul sajian dan artis
  3. Penyusunan jadwal kegiatan
  4. Memilih stage manager dan pembuatan rundown

Berikut ini penjelasannya:

Pengorganisasian pagelaran

Pengorganisasian adalah pembentukan kepanitiaan kegiatan dengan tujuan agar kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar.

Panitia adalah sekelompok orang yang ditunjuk atau dipilih untuk mempertimbangkan dan mengurus hal-hal yang ditugaskan kepadanya.

Tujuan apa yang ingin dicapai dalam kepanitiaan bersifat sementara dan jangka pendek, dalam artian kepanitiaan akan berakhir jika kegiatan atau tugas selesai.

Struktur organisasi seni pertunjukan secara lengkap adalah:

  1. Pimpinan produksi
  2. Stage manager
  3. Penata panggung
  4. Penata cahaya
  5. Penata rias dan busaya
  6. Penata suara
  7. Sekretaris produksi
  8. Bendahara
  9. Dokumentasi
  10. Publikasi
  11. Pendanaan
  12. Ticketing
  13. House Manager

Baca juga: Pergelaran Tari: Pengertian, Maksud dan Tujuan

Menentukan tema, judul sajian dan artis

Penentuan tema diperlukan untuk memberi batasan dan memberi arah pada kegiatan yang akan dilakukan. Tema dapat diambil dari kejadian di lingkungan sekitar.

Dalam tradisi, nama tarian sering terkait erat dengan nama pengiring atau fungsi tarian saat dipertunjukkan. Dalam perkembangannya, judul dipilih untuk menampilkan identitas tarian.

Meski memang ada penonton yang tidak memperhatikan judul, sebab lebih tertarik pada keindahan komposisi gerak.

Judul harus dibuat ringkas, jelas dan orisinil sehingga secara sekilas dapat ditangkap penonton. Nama tarian harus membantu penonton menemukan kunci tepat sebagai bekal mengintepretasikan apa yang dilihatnya.

Judul tidak boleh terlalu spesifik atau terlalu panjang sehingga sulit dikenali. Judul yang bersifat umum lebih baik karena memungkinkan intepretasi yang beragam.

Judul hendaknya memberi indikasi tentang apa yang terjadi pada sajian tari. Sehingga penonton lebih menghayati saat melihat tarian. Bila perlu memberikan penjelasan tambahan.

Pemilihan artis atua penari hendaknya disesuaikan dengan judul tarinya. Sehingga dalam memilih peran penari disesuaikan dengan peran yang akan dibawakan oleh penari.

Baca juga: Unsur Pendukung Pergelaran Tari

Penyusunan jadwal kegiatan

Susunan jadwal kegiatan atau time schedule berfungsi untuk menertibkan kinerja tiap divisi dalam kepanitiaan. Dengan jadwal kerja tersebut diharapkan kinerja panitia sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Memilih stage manager dan pembuatan rundown

Stage manager bertugas merumuskan atau menetapkan secara lebih detail pelaksanaan acara pada hari-H, terutama pada konsep penampilan dan pengisi acara, tata panggung dan tata lampu, serta terjun langsung ke lapangan pada hari-H.

Rundown adalah detail susunan acara dalam suatu kegiatan pada hari-H. Dalam rundown tercantum secara detail orang yang terlibat dan peralatan yang dibutuhkan dalam setiap penampilan serta keterangan-keternagan yang diperlukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kemdikbud
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi