Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Proklamator

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/TRI WAHYUNI
Tugu Proklamasi dengan patung dua proklamator, Soekarno dan Mohammad Hatta, di Jalan Proklamasi, Jakarta.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Pada peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, terdapat banyak tokoh penting yang berperan di dalamnya.

Tahukah kamu siapa saja tokoh yang berperan dalam perjuangan proklamasi kemerdekaan RI?

Peran sang Proklamator

Mengutip Kemdikbud RI, tokoh yang berperan sebagai proklamator adalah Ir Soekarno dan Moh Hatta. Berikut ini penjelasannya:

Soekarno

Soekarno atau Bung Karno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901 dan wafat pada 21 Juni 1970, dimakamkan di Blitar. Aktif dalam berbagai pergerakan sejak menjadi mahasiswa di Bandung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 1927, Soekarno bersama kawan-kawannya mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Ia sering keluar masuk penjara akibat perjuangan melawan penjajah.

Baca juga: Naskah Proklamasi Kemerdekaan Pernah Dibuang di Keranjang Sampah

Pada zaman pendudukan Jepang, Soekarno pernah menjadi ketua organisasi Putera, Chuo Sangi In dan PPKI, serta pernah menjadi anggota BPUPKI.

Setibanya di Indonesia dari Saigon, Soekarno menyampaikan pidato singkat yaitu pernyataan Indonesia sudah merdeka sebelum jagung berbunga. Pidato ini semakin membakar semangat rakyat Indonesia.

Bersama Moh Hatta, Soekarno menjadi tokoh sentral yang terus didesak para pemuda agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Hingga diungsikan ke Rengasdengklok.

Kembali dari Rengasdengklok, Soekarno bersama Moh Hatta dan Achmad Soebardjo, merumuskan teks proklamasi dan menuliskan pada secarik kertas. Soekarno dan Moh Hatta diberi kepercayaan untuk menandatangani teks proklamasi.

Pada 17 Agustus 1945, peran Soekarno semakin penting. Secara tidak langsung, Soekarno terpilih menjadi tokoh nomor satu di Indonesia.

Soekarno didampingi Moh Hatta, dipercaya membacakan teks proklamasi sebagai pernyataan kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, Soekarno dikenal sebagai pahlawan proklamator.

Baca juga: Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Moh Hatta

Moh Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dan wafat pada 14 Maret 1980, dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta. Sejak menjadi mahasiswa di luar negeri, ia sudah aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hatta menjadi salah seorang pemimpin dan ketua Perhimpunan Indonesia di BElanda. Setelah kembali ke tanah air, ia aktif di PNI bersama Soekarno. Setelah PNI dibubarkan, Hatta aktif di PNI baru.

Pada masa pendudukan Jepang, Hatta menjadi salah seorang pemimpin Putera, menjadi anggota BPUPKI dan wakil ketua PPKI. Saat menjabat sebagai wakil PPKI, Moh Hatta dan Soekarno menjadi dwi tunggal yang sulit dipisahkan.

Bersama Soekarno, Hatta pergi menghadap Terauchi di Saigon. Setelah pulang, Moh Hatta juga menjadi salah satu tokoh sentral yang terus didesak para pemuda agar bersama Soekarno menyatakan proklamasi Indonesia secepatnya.

Moh Hatta melibatkan diri secara langsung dan ikut andil dalam perumusan teks proklamasi. Hatta juga ikut menandatangani teks proklamasi.

Pada peristiwa detik-detik proklamasi, Moh Hatta tampil sebagai tokoh nomor dua dan mendampingi Soekarno dalam pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, Hatta dikenal sebagai pahlawan proklamator.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kemdikbud
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi