Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sahabat Pelangi 11 Mei, Materi Belajar dari Rumah TVRI Kelas 1-3 SD

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri
Tangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI kelas 1-3 SD, Sahabat Pelangi: Episode Karung Terdampar (Tidak Mau Mengalah).
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI 11 Mei 2020 untuk Kelas 1-3 SD membahas tentang Sahabat Pelangi: Episode Karung Terdampar (Tidak Mau Mengalah).

Berikut ini ringkasan materinya:

Pesan Sahabat Pelangi:

Teman-teman, tanggung jawab itu penting, sekalipun dalam suatu permainan. Apalagi soal kebersihan, kita semua wajib menjaganya. Buanglah sampah pada tempat yang disediakan.

Segmen 1

Wayan datang membawa bola dan mengajak Chandra bermain di lapangan. Di lapangan, Wayan dan Chandra bermain bola.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayan menendang bola terlalu keras hingga keluar lapangan. Chandra menyuruh Wayan mengambil bola ke semak-semak. Wayan menolak dan menyuruh Chandra mengambil bola. Tetapi Chandra juga tidak mau.

Martha dan Nisa menyusul ke lapangan tetapi tidak menemukan Chandra dan Wayan. Ternyata mereka masih berdebat tentang siapa yang harus mengambil bola di dekat semak-semak.

Baca juga: Apa yang Kalian Lakukan untuk Ikut Mengisi Kemerdekaan? Jawaban Soal TVRI 18 Agustus SD Kelas 1-3

Segmen 2

Martha bertanya mengapa Wayan dan Chandra berdebat. Setelah mendengar penjelasan mereka, Martha dan Nisa menyuruh Wayan mengambil bola. Wayan mau tetapi masih takut masuk ke semak-semak karena banyak duri dan jorok.

Nisa memberi solusi agar Wayan dan Chandra bekerja sama mengambil bola. Chandra bertugas mencari galah. Chandra setuju dengan imbalan eskrim. Lalu Wayan memberanikan diri masuk ke semak-semak meski takut.

Saat mengambil bola mereka melihat karung di antara semak-semak. Wayan penasaran, mengambil karung dan mengira itu harta karun. Wayan jadi lupa mengambil bola. Setelah karung dibuka ternyata hanya sampah.

Sementara itu di pos, Pak Hansip kehilangan sesuatu.

Di dekat semak-semak, Wayan, Chandra, Nisa dan Marta membereskan kembali sampah dan membuang ke tong sampah. Karena jauh, Wayan tergoda ingin membuang di semak-semak.

Chandra, Nisa dan Martha mengingatkan, tidak boleh membuang sampah di semak-semak, harus membuang sampah di tempat sampah dan tidak mengikuti contoh yang salah.

Setelah sampah dibereskan, Wayan membuang karung ke tong sampah.

Baca juga: Ceritakan Kembali Kisah Si Penyumpit, Jawaban TVRI SD Kelas 1-3

Segmen 3

Mereka berempat kembali ke lapangan untuk bermain bola tetapi bolanya lupa diambil dan masih di semak-semak. Wayan dan Chandra saling membantu mengambil bola. Sementara itu, di semak-semak Pak Hansip masih mencari sesuatu.

Wayan, Chandra, Nisa dan Martha kembali ke lapangan untuk bermain bola. Martha menendang bola hingga kena Pak Hansip. Martha pun meminta maaf. Pak Hansip memaafkan dan meminta bantuan mereka mencarikan dompet yang hilang.

Pak hansip bercerita dompetnya disembunyikan Kang Dudung. Kang Dudung lupa, mungkin masuk ke karung sampah. Mereka berempat kaget dan mengatakan telah menemukan karung di semak-semak dan terlanjur membuangnya ke tong sampah.

Akhirnya mereka berempat dan pak hansip mengambil karung di tong sampah. Mereka membongkar karung dan menemukan dompet Pak Hansip. Pak hansip berterima kasih dan memberi mereka hadiah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi