Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Premis Dalam Film Pendek Berjudul Jalan Pulang

Baca di App
Lihat Foto
Tribunnews.com
Belajar dari Rumah TVRI SMA
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Premis merupakan rangkaian kalimat yang digunakan dalam logika untuk membuat sebuah kesimpulan, Istilah premis sering ditemukan dalam pembelajaran logika matematika maupun mengenai cerita dan film. 

Pengertian premis

Menurut jurnal Penarikan Kesimpulan Dengan Metode Deduktif (2012) karya Pardomuan Sinambela, premis berasal dari bahasa Latin preamissus yang artinya maju. 

Premis menjadi sebuah anggapan yang dianggap benar sebagai dasar penarikan kesimpulan. Hasilnya, digunakan ebagai landasan teoritis dalam berpikir. Sehingga premis bisa dijadikan asumsi dalam logika berpikir. 

Premis atau ide pokok adalah satu kalimat perenungan, kesimpulan filosofis atau pesan yang ingin disampaikan pembuat film kepada penonton.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), premis yaitu apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian. Dasar pemikiran.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam buku Sejarah Kecil Petite Histoire Indonesia jilid 2 (2009) karya Rosihan Anwar, premis adalah sebuah usul yang dinyatakan sebagai pembawa kepada suatu kesimpulan. 

Baca juga: Perbedaan Ikhtisar dan Ringkasan

Orang-orang teater menggunakan kata-kata lain untuk hal yang sama, yaitu tema, tesis, gagasan akar, gagasan sentral, tujuan, tenaga pendorong rencana, plot, emosi dasar. 

Setiap lakon atau cerita yang baik haruslah mempunyai premis yang dirumuskan dengan baik. Tiada gagasan dan tiada situasi yang cukup kuat untuk membawa Anda kepada konklusi yang logis tanpa suatu premis yang jelas. 

Premis terdiri dari tiga bagian, yaitu:

Premis yang baik adalah suatu sinopsis ringkas dari sebuah lakon.  

Contoh premis

Salah satu contohnya adalah premis dari cuplikan film pendek berjudul "Jalan Pulang" karya Bacassie Films. Premis tersebut yaitu hubungan yang tidak harmonis antara anak dengan ayah. 

Dalam cuplikan film tersebut adanya ketidakakuran atau harmonis antara ayah (Suharjo) dengan anak (Aldy).

Baca juga: Cara Menyusun Ringkasan Buku Non-fiksi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi