Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Awal Ecek Gondok Menjadi Bahan Baku Kerajinan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/FARIDA FARHAN
Sambinah (42) tengah menganyam vas bunga yang terbuat dari eceng gondok, Jumat (11/1/2019).Di tangan Sambinah (42), eceng gondok yang kerap dianggap sampah disulap menjadi produk bernilai ekonomis.
Penulis: Ari Welianto
|
Editor: Ari Welianto

KOMPAS.com - Dibanding jenis tanaman yang lain, eceng gondok merupakan tumbuhan yang cepat berkembang. Tumbuhan eceng gondok banyak ditemui mengapung di wilayah perairan dengan air yang tenang. 

Dalam buku Superkarbon: Bahan Bakar Alternatif Pengganti Minyak Tanah dan Gas (2008) oleh Oswan Kurniawan, eceng gondok memiliki bentuk unik. Hal ini terlihat dari daunnya menyerupai terompet dan batang yang menggemlembung. 

Eceng gondok masih dianggap sebagai tumbuhan pencemar ekosistem rawa. Untuk menghindari hal tersebut, banyak orang yang memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan baku kerajinan. 

Tahap awal kerajinan eceng gondok

Sebelum membuat kerajinan terlebih dahulu yang harus diperhatikan dan disiapkan, yakni peralatan dan bahan baku eceng gondok yang sudah kering.

Eceng gondok bisa didapatkan dari danau yang tumbuh liar. Caranya cukup memotong batang eceng gondok di bagian bawah kemudian buang daunnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Kerajinan Bahan Keras: Pengertian, Teknik Pembuatan, dan Contohnya

Eceng gondok yang baik untk dibuat anyaman memiliki tinggi minimal 30 centimeter (cm), berukuran besar dan tua.

Peralatan yang disiapkan, seperti papan, kayu, gergaji, martil, paku, bahan kain, alat penjepit. Kemudian ada gunting, pernis, kuas, lem dan mesin jahit.

Tahap awal yang harus dilakukan sebelum membuat kerajinan, yakni:

Memjemur eceng gondok

Jemur batang eceng gondok di bawah sinar matahari secara langsung. Bagian bawah dialasi dengan alas plastik agar mudah dikumpulkan setelah kering.

Proses penjemuran biasanya berlangsung hingga satu minggu. Ini agar batang eceng gondok benar-benar kering dan mudah dibuat kerajianan.

Saat penjemuran agar kering merata batang eceng gondok di balik posisinya. Hindari batang eceng gondok terkena air atau hujan. Agar batang kering, bersih dan tidak berjamur.

Setelah batang eceng gondok kering kemudian dikumpulkan dan siap di pakai untuk kerajinan.

Baca juga: Teknik Kerajinan Bahan Lunak

Menyiapkan model

Siapkan model, ukuran, bentuk tas sebelum dibuat kerajinan yang akan dibuat. Salah satu cara untuk menentukan ukuran adalah dengan membuat cetakan yang ukurannya sesuai keinginan. Cetakan bisa dibuat dengan papan kayu yang dipaku dan dibentuk kotak.

Anyam eceng gondok menjadi kerajinan 

Setelah menyiapkan eceng gondok yang dikeringkan serta model kerajinan, saatnya membuat eceng gondok sebagai kerajinan. Berikut langkah-langkah kerajinan eceng gondok: 

Baca juga: Faktor Estetika Produk Kerajinan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi