Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Kenaikan Isa Almasih

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock
Kenaikan Isa Almasih
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam kepercayaa umat Kristiani, peristiwa Kenaikan Yesus Kristus ke Surga merupakan rangkaian dari peristiwa Jumat Agung dan Kebangkitan Yesus Kristus.

Yesus Kristus naik ke Surga pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya. Di mana perayaan Paskah atau peristiwa kebangkitan Yesus Kristus menjadi hari pertama.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, perayaan Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus selalu dirayakan 40 hari setelah Paskah. Baik Kristen di Timur maupun Barat sudah melakukannya sejak abad ke-4.

Pada waktu itu, peristiwa kenaikan Yesus Kristus ditandai dengan perayaan turunnya Roh Kudus yang dikenal dengan hari Pentakosta.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi umat Kristen dan Katolik, makna kenaikan Yesus Kristus ke Surga sebagai pemuliaan Yesus setelah kematian dan kebangkitan-Nya.

Menurut Injil Yohanes, hal ini sebagai penampakan pasca kebangkitan-Nya untuk menunjukkan hubungan baru antara Yesus dan Bapa, serta antara Dia dan para pengikutnya, daripada relokasi fisik sederhana dari bumi ke surga.

Baca juga: Makna Perayaan Jumat Agung

Kitab Suci dan peringatan

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, yang disaksikan oleh murid-murid-Nya.

Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab.

Gereja Katolik mengimani Hari Kenaikan Tuhan sebagai penebusan janji Yesus Kristus. Dari peristiwa Kenaikan Isa Almasih ini, Yesus Kristus mengajarkan murid-muridnya agar tidak lagi terpaku pada kehadiran fisik-Nya.

Yesus akan selalu bersama umatnya melalui Roh Kudus. Dari sini Yesus Kristus mendorong para murid-murid atau umat-Nya untuk memulai misi, yaitu mewartakan Injil.

Libur Nasional

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan Hari Kenaikan Isa Almasih sebagai tanggal merah atau Hari Libur Nasional.

Negara yang juga menetapkan Hari Kenaikan Isa Alamasih sebagai hari libur antara lain Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Luxemburg, Belanda, Norwegia, Swedia, dan Vanuatu.

Baca juga: Mengapa Peringatan Kematian Yesus Dinamakan Jumat Agung?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Britannica
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi