Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Lokasi Indonesia Secara Geografis

Baca di App
Lihat Foto
KEMDIKBUD
Potensi lokasi Indonesia secara geografis.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Potensi lokasi Indonesia secara geografis adalah salah satu potensi lokasi Indonesia untuk menjadi negara maju.

Potensi lokasi Indonesia

Mengutip Kemdikbud RI, setiap lokasi di permukaan bumi memiliki keunikan dan memiliki potensi yang berbeda dengan lokasi lainnya. Tidak ada lokasi di permukaan bumi ini yang karakteristiknya sama persis satu sama lain.

Indonesia sebagai suatu wilayah di permukaan bumi juga memiliki karakteristik sekaligus memiliki potensi tersendiri yang berbeda dengan wilayah lain.

Potensi lokasi Indonesia adalah salah satu dari empat potensi Indonesia untuk menjadi engara maju.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain potensi lokasi, Indonesia juga memiliki potensi sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), dan sumber daya budaya.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia dan Upaya Pemanfaatannya

Potensi lokasi Indonesia secara geografis

Letak suatu wilayah berdasarkan posisinya di permukaan bumi disebut letak geografis. Letak geografis ditentukan berdasarkan posisi nyata dibanding posisi daerah di sekitarnya.

Letak geografis merupakan salah satu hal penting yang menentukan masa depan dari suatu negara dalam melakukan hubungan internasional.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Posisi Indonesia tersebut sangat strategis dan penting terkait dengan bidang perekonomian. Posisi ini membuat Indonesia dilalui jalur pelayaran internasional antarnegara dan antarbenua.

Walau tampak rumit, rute pelayaran utama (core route) dunia relatif sederhana, yaitu menghubungkan Amerika Utara, Eropa dan Asia Pasifik melalui Terusan Suez, Selat Malaka, dan Terusan Panama.

Baca juga: Potensi Lokasi Indonesia Secara Astronomis

Indonesia dilalui jalur pelayaran utama dunia. Jalur utama merupakan jalur pelayaran komersial paling penting dan melayani pasar utama dunia.

Selain itu, ada rute pelayaran pendukung (secondary route) yang melayani pasar yang lebih kecil. Indonesia tidak hanya dilalui jalur utama tetapi juga jalur pelayaran sekunder.

Indonesia ada di Benua Asia yang saat ini perkembangan ekonominya sangat cepat.

Pada peta jalur perhubungan dunia, negara-negara Asia Timur, seperti Jepang dan Korea Selatan, menggunakan jalur Selat Malaka untuk mengirimkan barang-barang ekspor ke berbagai wilayah di dunia, seperti Afrika, Timur Tengah dan Eropa.

Negara-negara Eropa menggunakan Selat Malaka untuk menyalurkan ekspor ke berbagai negara di Asia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Kemdikbud
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi