Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yoghurt Susu Kambing, Materi Belajar dari Rumah TVRI SMA 3 Juni 2020

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMA 3 Juni 2020 Bio Sains Pertanian: Yoghurt Susu Kambing.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Belajar dari Rumah TVRI SMA pada Rabu, 3 Juni 2020 membahas Bio Sains Pertanian: Yoghurt Susu Kambing. Berikut ini ringkasan materinya:

Yoghurt susu kambing

Di Pondok Pesantren Pertanian Darul Fallah Ciampea Bogor, Jawa Barat terdapat peternakan kambing perah yang hasil utamanya adalah susu kambing. Biasanya hasil dari ternak kambing yang diambil adalah dagingnya. Tapi kali ini yang dibahas adalah susu kambing.

Potensi peternakan kambing perah

Indonesia memang kaya akan potensi keanekaragaman hayati. Salah satu kekayaan Indonesia adalah terdapat dalam keanekaragaman hewani. Tidak heran jika berbagai macam produk yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu dan kulit begitu melimpah di nusantara.

Susu kambing memang belum terlalu akrab di telinga orang Indonesia, maklum di Indonesia kebanyakan masyarakatnya telah terbiasa mengkonsumsi susu sapi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kambing perah merupakan salah satu jenis kambing yang populer di Indonesia sejak 1970-an. Tetapi masih banyak peternak yang belum berani untuk berternak kambing perah karena sulitnya pemasaran susu kambing.

Susu kambing yang dibahas kali ini berasal dari jenis kambing Etawa. Bentuknya tidak berbeda jauh dari kambing pedaging. Ciri-ciri umum kambing Etawa adalah memiliki postur tinggi, telinga panjang, dan warna bulu umumnya putih dengan belang hitam atau coklat. 

Menurut salah satu pakar bisnis susu kambing memiliki potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Pengelola peternakan Darul Fallah, Joni, menjelaskan prospek untuk ke depannya kambing perah itu dari hasil susu dengan harga jual susu dengan biaya sekitar Rp 6.000 untuk 1 ekor 1 hari itu bisa menghasilkan susu sekitar 1 liter rata-rata.

Harganya sekarang Rp 30.000 per liter. Jadi sudah mendapat keuntungan 1 hari sekitar Rp 24.000. Itu sudah termasuk keuntungan yang bersih. Sedangkan dalam satu masa laktasi itu bisa diambil susunya sekitar 100 hari.

Ternyata beternak kambing perah bisa menjadikan hal yang menguntungkan.

Repetisi: Peternakan kambing perah merupakan bisnis yang potensial, sementara itu kebutuhan susu kambing semakin meningkat.

Beternak kambing perah

Bagaimana cara beternak kambing perah yang baik dan benar? Untuk memulai ternak kambing pertama kita harus memilih bibit yang baik.

Ciri-ciri bibit yang baik adalah sehat, tidak cacat fisik, nafsu makan besar dan aktif, bulu bersih dan mengkilat, dada lebar, kaki lurus dan kuat, berasal dari keturunan kembar dan induk tidak sedarah.

Untuk tahap perkembangbiakannya kita harus memperhatikan umur kambing betina. Kambing betina biasanya telah dewasa pada umur 6-8 bulan. Tetapi pada umur itu kambing betina belum siap dikawinkan, harus menunggu kambing betina berumur 10-12 bulan.

Sedangkan untuk kambing jantan sebaiknya dikawinkan setelah berumur 12 bulan. Proses pengawinan kambing dapat dilakukan dengan menyatukan kambing betina dan jantan yang siap kawin dalam satu kandang selama 2 hari.

Tanda-tanda birahi kambing betina:

  • Gelisah dan tidak nafsu makan;
  • Mengibas ekor dan terus mengembik;
  • Alat kelamin bengkak dan berwarna merah;
  • Masa birahi selama 24 sampai 45 jam dan akan berulang dalam siklus 18 sampai 20 hari.

Kambing bunting sebaiknya dipelihara secara terpisah yaitu dengan pemberian sekat dalam kandang. Hal tersebut agar kambing bunting tidak terganggu oleh kambing lainnya.

Terakhir untuk merawat kambing kita perlu perhatikan pemberian pakannya. Secara umum setiap harinya ternak kambing memerlukan pakan hijau sebanyak 10% dari bobot badan. Namun dalam prakteknya pemberian pakan hijau dianjurkan untuk dilebihkan sampai dua kali lipat dari kebutuhan kambing. Hal ini dilakukan karena kambing bersifat memilih makanan.

Pemberian pakan dilakukan 2 hari sekali setiap pagi dan sore hari. Untuk mencukupi kebutuhan mineral dapat diberikan garam dapur atau ampas tempe ditempatkan dalam wadah khusus.

Ternyata harus dibutuhkan kepedulian dan kesabaran yang tinggi terhadap kondisi kambing itu sendiri.

Repetisi: Tips beternak kambing perah:

  • Pilih bibit unggul
  • Berikan pakan ternak secara teratur

Keunggulan susu kambing

Susu kambing adalah susu yang paling mirip dengan susu ibu dari segi komposisi, nutrisi dan sifat kimia alaminya. Hal ini membuat susu kambing menjadi makanan ideal untuk diberikan kepada bayi.

Estergliserol yang jauh lebih tinggi pada susu kambing membuat beberapa dokter merekomendasikan susu kambing untuk perawatan gizi bayi yang baru lahir.

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam susu kambing:

Peneliti yoghurt susu kambing IPB, Dr. Rarah RAM, keunggulan susu kambing dibanding susu sapi ada empat, yaitu:

  1. Berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung;
  2. Menjaga sistem pencernaan;
  3. Menjaga sistem syaraf;
  4. Meningkatkan sistem imun (kekebalan) bagi tubuh kita.

Repetisi: Kandungan susu kambing hampir mirip dengan ASI. Susu kambing berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Proses pembuatan yoghurt susu kambing

Yogurt merupakan salah satu produk olahan yang dapat dibuat dari susu kambing. Jadi jika Sahabat Bio Sains tidak begitu menyukai rasa dan aroma susu kambing murni, yoghurt susu kambing mungkin dapat menjadi alternatif.

Yoghurt bisa terbuat dari susu sapi dan susu kambing. Prosesnya mulai dari pasteurisasi susu sampai ke pemberian starter yaitu bakteri yoghurt yang digunakan.

Pertama adalah menyiapkan susu kambing. Lalu masukkan susu kambing cair ke dalam panci untuk dipanaskan. Proses ini dinamakan sebagai pasteurisasi. Pada proses ini jangan lupa untuk mengaduk susu agar tidak terjadi pengendapan. Pasteurisasi dilakukan hingga mencapai suhu kurang lebih 70 derajat Celsius.

Selanjutnya siapkan wadah dan penyaringan untuk mendinginkan susu kambing yang telah dipasteurisasi. Susu didinginkan pada suhu kamar yaitu sekitar 40 derajat Celcius.

Langkah selanjutnya adalah pemberian starter berupa Streptococcus Thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus. Komposisi antara starter dengan susu adalah 2 liter susu cair ditambahkan 20 mililiter starter.

Setelah yoghurt didiamkan selama satu hari satu malam selanjutnya adalah proses akhir yaitu pemberian rasa. Pemberian rasa ini menggunakan gula cair murni dan pasta khusus untuk makanan.

Tuangkan gula cair ke dalam susu kambing lalu aduk hingga merata. Kemudian diberi pasta stroberi dengan takaran 1 tetes. Jadilah yoghurt rasa stroberi. Tinggal dikemas dan dimasukkan ke dalam freezer. Yoghurt dalam keadaan beku mampu bertahan hingga 4 bulan.

Yoghurt susu kambing adalah salah satu produk pangan olahan yang masih belum banyak beredar di pasaran. Bagi yang tertarik untuk berbisnis yoghurt susu kambing, simak beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan bahan baku berkelanjutan;
  • Promosikan produk melalui pameran;
  • Membangun jaringan pemasaran produk, misal bekerjasama dengan swalayan atau minimarket untuk memasarkan produk;
  • Menjaga kualitas dan mutu produk yang dihasilkan.

Repetisi: Cara membuat yoghurt susu kambing:

  • Panaskan susu kambing
  • Tambahkan starter
  • Diamkan selama 1 malam
  • Tambahkan gula dan pasta makanan
  • Kemas yoghurt susu kambing
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi