Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI SMP 12 Juni 2020

Baca di App
Lihat Foto
TVRI/KOKBISA
Tangkapan layar Belajar dari Rumah TVRI SMP 12 Juni 2020 membahas tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.
|
Editor: Arum Sutrisni Putri

KOMPAS.com - Belajar dari Rumah TVRI SMP 12 Juni 2020 membahas tentang Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.

Dalam tayangan tersebut terdapat tiga pertanyaan. Berikut ini soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI SMP 12 Juni 2020:

Pertanyaan 1:

Menurutmu, apa yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang? Berikan penjelasanmu dari rantai makanan yang kamu ketahui!

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban:

Yang terjadi jika salah satu dari rantai makanan mendadak punah atau hilang adalah keseimbangan ekosistem akan terganggu.

Contoh, bila ular di sawah punah maka populasi tikus akan meningkat. Akibatnya merusak tanaman padi di sawah dan para petani akan merugi.

Contoh lain, bila sumber makanan di hutan habis karena penebangan pohon atau kebakaran hutan, maka hewan-hewan yang ada di dalam hutan akan mencari makanan hingga pemukiman penduduk, akibatnya akan mengganggu keamanan warga.

Pertanyaan 2:

Jelaskan tiga peristiwa yang dapat menyebabkan terjadinya dinamika populasi!

Jawaban:

Tiga peristiwa yang dapat menyebabkan terjadinya dinamika populasi adalah:

Penjelasan:

Simbiosis adalah hubungan antara suatu jenis makhluk hidup dengan makhluk hidup lain. Ada 4 jenis simbiosis yaitu simbiosis komensalisme, simbiosis mutualisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Predasi adalah peristiwa suatu jenis hewan memangsa hewan lainnya. Kompetisi adalah persaingan beberapa jenis makhluk hidup yang bertujuan untuk mendapatkan makanan, pasangan atau wilayah kekuasaan.

Berbagai bencana alam di bumi seperti gunung meletus dan gelombang tsunami dapat mengakibatkan dinamika populasi. Lahar panas akibat letusan gunung berapi dapat merusak lingkungan dan mengakibatkan kematian makhluk hidup.

Berbagai aktivitas manusia dapat mengakibatkan dinamika populasi. Penebangan liar di hutan, pembangunan di kota-kota, perburuan hewan dan pencemaran lingkungan. Kegiatan-kegiatan itu dapat merusak ekosistem dan mengakibatkan penurunan populasi hewan dan tumbuhan.

Pertanyaan 3:

Berdasarkan tayangan tersebut, peristiwa nyamuk yang mengisap darah manusia termasuk ke dalam simbiosis parasitisme. Apakah kalian sepakat dengan pernyataan tersebut? Berikan alasan yang logis!

Jawaban:

Saya sepakat dengan pernyataan tersebut. Karena interaksi antara nyamuk dan manusia dalam hal ini adalah simbiosis parasitisme.

Nyamuk diuntungkan, mendapat makanan berupa darah. Tetapi manusia dirugikan karena ketika nyamuk mengisap darah manusia, kulit manusia menjadi gatal, panas, bengkak dan kemerahan bahkan nyamuk membawa virus penyebab penyakit seperti Demam Berdarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi